Berita Terbaru

Tuesday, February 19, 2019

Eks Pimpinan KPK Beri Pelatihan Terpadu Pengelolaan Dandes di Talaud
by fadjrin - 0

foto: ist


MELONGUANE, SMCOM - Satuan Tugas Dana Desa ( Satgas Dandes ) Kementerian Desa, Pembanguan Daerah  Tertinggal ( PDT )  dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan ( BPKP ) Perwakilan Sulawesi Utara  bekerjasama dengan Pemerintah Daerah  melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DP3APMD )  memberikan Pelatihan Terpadu Peningkatan Kapasitas Pengelola Dana Desa  dan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Pengelolaan Keuangan Desa  Melalui Aplikasi Siskeudes  Bagi Perangkat Desa di Kabupaten Kepulauan Talaud . Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ),  Senin (18/2/2019)  akan dilangsungkan  sampai hari ini, Selasa ( 19/2/2019) besok.

Adapun Narasumber pada kegiatan yang dibuka Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip tersebut adalah Ketua Satgas  Dandes Bibit Samad Riyanto, Koordinator Satgas Douglas Pasaribu dan tim , diantaranya Septy Indri, Ma'mun Murodin dan  Akenvia Bodi. Diketahui, Ketua Satgas Dandes Bibit Samad Riyanto pernah menjabat salah satu Pimpinan KPK RI.

" Kegiatan ini merupakan forum yang sangat penting dan strategis bagi kita untuk berkoordinasi bersama, berpikir bersama dan memutuskan bersama arah dan kebijakan terbaik dalam mewujudkan pembangunan desa di Talaud kedepan. Pelatihan terpadu ini saya katakan penting karena forum ini menjadi wadah kita untuk kita saling berkomunikasi tentang bagaimana melaksanakan pembangunan masyarakat sesuai amanah UU No. 6 tahun 2014 tentang desa, Selanjutnya saya katakan strategis karena disinilah tempat semua stakeholder bertemu baik dari pemerintah kabupaten, kecamatan dan pemerintah desa. Kabupaten Kepulauan Talaud sangat berbangga  karena yang datang langsung sebagai nara sumber adalah ketua tim satgas dana desa," ujar Bupati Kepulauan Talaud

Pada kesempatan tersebut Ketua  Satgas Dandes memberikan materi tentang Pemahaman dan Kebijakan Dana Desa.

" Ucapan terima kasih kepada Tuhan sehingga saya dapat hadir disini menghadiri undangan Bupati Talaud dalam rangka Kegiatan Pelatihan Terpadu Peningkatan Kapasitas Pengelola Dana Desa. Korupsi merupakan suatu kejahatan yang sangat luar biasa dan apabila adanya alat bukti akan di proses sesuai hukum yang berlaku. Dana desa ini sudah berjalan sejak bulan Mei 2017 sampai dengan saat ini yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat bukan dipakai untuk kepentingan pribadi," ungkap Ketua Satgas Dandes

Selain narasumber terundang, Bupati wanita pertama di Bumi Porodisa juga sempat memaparkan  beberapa materi terkait Kondisi Geografis Wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Program Kerja yang telah dilaksanakan.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan terpadu ini diantaranya, Ketua DPRD Max Lua bersama beberapa anggota, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno,  Danlanal diwakili Palaksa Lanal Melonguane Mayor Laut ( KH ) Ramadhan, Dandim diwakili Pasandi Kodim 1312/ Talaud Lettu ( Inf ) Rudolf Maariwuth,  Kepala Pengadilan Negeri Melonguane diwakili Panitera Muda Pidana  Fadli Makah. Sekretaris Daerah Adolf Binilang bersama sejumlah pejabat teras pemda, camat,   kepala  dan perangkat desa, dan tamu undangan lainnya. Ditaksir jumlah yang hadit mencapai kurang lebih 800 orang.

Peserta pelatihan dan terpadu secara teknis akan menerima materi dua dua tempat yakni aula BKPSDM dan Pendopo Runjab Bupati.(efh)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment