Berita Terbaru

Monday, January 14, 2019

Matangkan Persiapan Rangkat Tu Tonna 2019, Pemda dan Panpel Gelar Rapat
by fadjrin - 0

foto: ist


MELONGUANE, SMCOM -Panitia  pelaksana kegiatan Rangkattu Tonna 2019  bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan pertemuan guna mematangkan berbagai hal teknis kegiatan syukuran adat tahunan tersebut.

  Adapun yang menjadi pembahasan rapat  tersebut diantaranya persiapan dan kesiapan tempat pelaksanaan kegiatan, prosesi ritual adat dan berbagai hal teknis lainnya, seperti Camat yang diwajibkan  memakai baju adat baniang, 250 pentua adat akan mengawal Bupati Kepulauan Talaud  Sri Wahyumi Maria Manalip selaku Malambe Sinangian Ratun Taroda menuju panggung utama, ritual  akan dimatangkan pentua adat,  tata cara pelaksanaan acara adat  Rangkattu Tonna atau Manduru' u Tonna Tahun 2019 dan lain sebagainya.

 " Untuk Tahun ini, acara akan dipusatkan di Pantai BBC Kecamatan Beo.Yang pastinya kita siap untuk melaksanakan syukuran dalam bentuk ritual adat. Harapan Ibu Bupati , kegiatan ini dapat sukses. Apalagi ini kali  terakhir beliau mengikuti acara adat rangkattu tonna atau manduru' u tonna, sebelum beliau mengakhiri masa kepemimpinannya," ujar Sekda Ir Adolf Binilang, Senin (14/1/2019) di aula Setdakab, lokasi pertemuan


 Kegiatan yang dibuka pukul 10.00 Wita oleh Sekda Adolf Binilang ini dihadiri Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadulah, Ketua Panitia Junus Ulaen, Plt Kadis Parbud Boki Hebe Riung, Pembina Dewan Adat Isak Tamaroba, para pejabat eselon II , para Camat Kabupaten Kepulauan Talaud dan Ketua Orari Arfan Rauf.

 " Acara ini adalah ritual adat sebagai sebuah kearifan lokal yang harus dilestarikan  dan mengikuti tatanan atau tata cara pelaksanaan ritual adat. Pelaksanaan acara adat sebagai jati diri dan identitas bangsa. Panitia harus bekerja dengan baik, namun tentunya harus didukung penuh semua elemen," ujar Pembina Dewan Adat Kabupaten Kepulauan Talaud

 Adapun total peserta yang mengikuti pertemuan berjumlah 25 orang.(efh)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment