Berita Terbaru

Thursday, December 6, 2018

Tak Ada Perda Yang Membatasi Indomaret dan Alfamart di Minut
by Frani Bagawie - 0

Keberadaan usaha ritel seperti ini harus ada peraturan daerah.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM- Keberadaan usaha riteil seperti Indomaret dan Alfamart di Kabupaten Minut sudah mulai menjamur. Ini dikarenakan tidak adanya Peraturan Daerah (Perda) yang membatasi usaha waralaba tersebut di daerah yang dipimpin oleh Bupati Vonny A Panambunan. Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Drs Fanny Kawatu kepada wartawan belum lama ini. “Terjadi kekosongan hukum atau belum adanya perda yang mengatur sehingga usaha retail tersebut dapat saja berdiri. Menurut kabar, perda tersebut telah diajukan, tapi sampai saat ini belum ada progress,” sebut Kawatu.
Dirinya mengatakan, pemerintah desa tentunya harus menghormati akan hak dari pemilik bidang tanah dan pembeli atau calon investor, karena hal tersebut tentunya akan membawa dampak pembangunan di daerah tersebut. "Tentunya investasi yang dilakukan harus memiliki ijin lokasi untuk melakukan pembangunan. Ijin lokasi tersebut dikeluarkan ketika ada transaksi yang jelas yang bidang tanahnya telah mendapat pengesahan dari BPN,” tandas Kawatu.
Ditambahkan Kawatu, ijin lokasi ini harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), rekomendasi lingkungan hidup, Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL).(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment