Berita Terbaru

Tuesday, December 4, 2018

SKPD Pemkab Minut Dapat Bimtek Dari Badan Keuangan
by Frani Bagawie - 0

Pelaksanaan Bintek keuangan di Sutanraja Hotel.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM- Guna memantapkan pengelolaan keuangan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Pemkab Minut, maka Badan Keuangan Minut selama 2 hari atau sejak Selasa (4/12) hari ini hingga Rabu (5/12) esok, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang penyusunan laporan keuangan SKPD. Kegiatan ini dilaksanakan di Sutanraja Hotel Maumbi dan dibuka oleh Asisten III Setdakab Minut dr Jane Simons MKes, didampingi Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau.
Kepala Bidang Akuntansi Carla Antoneta mengatakan, intinya Bimtek ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan. "Kiranya melalui kegiatan Bimtek ini diharapkan para peserta bisa memahami dan mengetahui terkait penyusunan keuangan di tiap SKPD," terangnya.
Peserta dari SKPD jajaran Pemkab Minut.(foto:ist)
Sementara itu, pembawa materi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKPK) Privinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sulut Abdul Rahim Fahmi mengatakan, laporan keuangan pokok ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010, dimana laporan keuangan merupakan laporan yang terstruktur mengenai posisi keuangan dan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan. "Dengan tujuan umum laporan keuangan adalah menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas, dan kinerja keuangan suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya," ungkapnya.
Kegiata Bimtek keuangan.(foto:ist)
Lanjutnya, secara spesifik, tujuan pelaporan keuangan pemerintah adalah untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan untuk menunjukkan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment