Berita Terbaru

Wednesday, December 12, 2018

Distan Sosialisasikan Pemanfatan Lahan Sesuai LP2B
by Unknown - 0

Sosialisasi LP2B oleh dinas Pertanian Minut.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM- Guna memaksimalkan pemanfatan lahan pertanian, maka Dinas Pertanian (Distan) Minut menggelar kegiatan sosialisasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tingkat kabupaten 2018 yang digelar di ruang pertemuan Distan Minut, Rabu (12/12). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Minut Wangke Karundeng dan dihadiri sekaligus menjadi pemateri yakni perwakilan Dinas Pertanian Sulut dan juga Badan Pusat Statistik (BPS) Minut. "Melalui Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), kegiatan sosialisasi ini wajib dilakukan," ujar Karundeng.
Ada hal paling mengemuka yang disampaikan peserta dalam kegiatan sosialisasi ini dimana terkait alih fungsi lahan yang diantaranya untuk dibuat kompleks perumahan. Sebab alih fungsi lahan pertanian merupakan ancaman terhadap pencapaian ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan. Alih fungsi lahan mempunyai implikasi yang serius terhadap produksi pangan, lingkungan fisik serta kesejahteraan masyarakat pertanian dan perdesaan yang kehidupannya tergantung pada lahannya. "Hal ini juga yang menjadi perhatian kita bersama untuk mencari jalan keluarnya lewat kegiatan ini," tandas Karundeng.
Diketahui, dalam rangka pengendalian alih fungsi lahan pertanian pangan, pemerintah telah menetapkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Dalam UU Nomor 41/2009 tersebut dengan jelas disebutkan bahwa Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) adalah bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsistem guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. LP2B dapat berupa lahan beririgasi, lahan reklamasi rawa pasang surut dan non pasang surut (lebak) dan/atau lahan tidak beririgasi (lahan kering).(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment