Berita Terbaru

Wednesday, December 12, 2018

Ciptakan Pemilu Berkualitas, KPU Minut Gelar FGD
by Frani Bagawie - 0

Diskusi tentang pemilu yang melibatkan KPU, Bawaslu, Parpol dan media massa.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM- Guna menciptakan Pemilu 2019 yang berkualitas, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri perwakilan Partai Politik (Parpol) dan media massa, Rabu (12/12) di Rumah Malan Tetoden Kolongan Kecamatan Kalawat.
Komisioner KPU Minut Hendra Lumanauw MA mengatakan, pihaknya melalui instruksi KPU RI selang 10 bulan ini telah merampungkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan (DPTHP) mulai dari tahap pertama hingga kini sudah masuk yang kedua kali. Kata dia, berbagai langkah mereka lewati, mulai dari pemanfaatan PPK yang tugasnya berkordinasi dengan pemerintah kecamatan hingga desa kelurahan dan juga Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil. "Tentunya waktu itu bukan singkat untuk KPU memutahkirkan daftar pemilih yang ada di Minahasa Utara. Dan kita sudah melakukan pleno bersama seluruh partai politik. Dan hasilnya sudah dimasukkan ke KPU RI. Kita tinggal menunggu penetapan secara nasional," terang Lumanauw.
Sementara itu, Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail SH mengatakan, tugas lembaganya adalah mengawasi jalannya proses pemilu ini agar berjalan dengan baik. Menurutnya, Bawaslu sangat intens melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bagaimana partisipasi dalam mengawal bersama jalannya pemilu. "Saat ini Bawaslu sedang menyiapkan peluncuran yang namanya 'Desa Sadar Pengawasan'. Artinya disini peran aktif masyarakat menjadi suatu tindakan positif dalam menghasilkan pemilu ini yang berkualitas dan sesuai aturan yang ada. Rencananya kita akan pusatkan deklarasinya dan mengundang seluruh perwakilan tokoh masyarakat dari seluruh desa di Minut," tandas Ismail.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment