Berita Terbaru

Wednesday, November 21, 2018

Tanaman Varietas Unggulan Minut Tak Diperhatikan Distan
by Frani Bagawie - 0

WAKIL Bupati Minut Joppi Lengkong.
AIRMADIDI,SMCOM- Kabupaten Minahasa Utara memiliki tanaman varietas unggulan diantaranya mangga damar merah dan juga durian mentega. Namun sayangnya, produk pertanian yang tidak bisa didapat di daerah lainnya ini seakan tidak diperhatikan Pemkab Minut melalui Dinas Pertanian Minut.
Wakil Bupati Minut Joppi Lengkong saat dikonfirmasi soal tanaman varietas unggulan ini mengakui jika produk hasil perkebunan tersebut sudah mulai ditinggalkan petani. "Memang sudah mulai kurang petani menanam tanaman varietas unggulan itu. Untuk itu, dinas terkait harus bergerak membuat proposal ke pemerintah pusat melalui kementerian terkait untuk pengembangan tanaman ini," singkat Lengkong, Rabu (21/11).
Disisi lain, kata Lengkong, kurangnya pemasaran produk  varietas unggulan ini jangan disalahkan ke pemerintah. Sebab, sebagian besar petani mulai beralih menanam jenis tanaman lain yang lebih memiliki nilai jual lebih baik dan waktu panen yang dekat.
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Minut, Wangke Karundeng beberapa waktu lalu mengatakan jika pihaknya akan berupaya menghidupkan dan mempromosikan kembali tanaman andalan Minut ini. "Kita akan coba kembali kembangkan kembali tanaman ini," tandasnya.
Diketahui, Kabupaten Minut memiliki beberapa tanaman varietas unggulan seperti mangga damar merah dan durian mentega. Artinya, tanaman ini tidak bisa berkembang di daerah lain karena pengaruh iklim cuaca maupun komposisi tanah. Kalau bisa dikembangkan, daerah lain harus meminta ijin pemerintah provinsi atau kabupaten/kota penerbit tanaman varietas tersebut.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment