Berita Terbaru

Saturday, November 3, 2018

Luntungan: Ganti Ketua DPD 1 KNPI Sulut!
by Frani Bagawie - 0

KETUA Gebrak Minut William Luntungan.
AIRMADIDI,SMCOM-Belum lama ini, Ketua DPD 1 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulut Jackson Kumaat telah melantik pengurus KNPI Minut. Namun sayangnya, pelantikan ini dinilai sebagian tokoh pemuda Minut sudah menyalahi aturan karena merekrut pemuda-pemudi dari luar daerah Minut dalam struktur kepengurusan. "Sebagian dari pengurus ini tidak memiliki KTP dari Minut. Apakah daerah ini sudah tidak ada kader muda lagi sampai harus mengambil pengurus dari luar Minut. Jadi sebaiknya Ketua DPD 1 KNPI Sulut harus ganti karena tidak tahu cara berorganisasi," ungkap Ketua Gebrak Minut William Luntungan kepada wartawan baru-baru ini.
Lanjut dikatakan Luntungan,  Ketua DPD I KNPI Sulawesi Utara Jackson Kumaat harus bertanggung jawab terhadap pelantikan ini. “Ketua harus mundur, karena tidak lagi mengindahkan peraturan yang tertuang dalam AD/ART. Pengurus DPD II seharusnya  memiliki KTP Minut dan berdomisili di wilayah Minut. Entah kesalahan ini disengaja atau tidak, Ketua DPD harus berani bertanggung jawab,” tegas Luntungan.
Lanjut dikatakan pelantikan ini tentunya bisa dikatakan cacat hukum dan terkandung kepentingan tertentu karena tidak melibatkan semua unsur Organisasi Kepemudaan.
Hal senada dikatakan Tokoh Pemuda Minut lainnya Marlon Pangemanan. Menurutnya, pelantikan yang dilakukan oleh Jacko inprosedural karena diduga tidak lewat mekanisme musyawarah saat menentukan pengurus. "Pengurus yang dilantik bukan hasil Musda. Sebab Musda KNPI dinyatakan deadlock dan belum ada keputusan soal kepengurusan. Tiba-tiba sudah ada pengurus yang dirancang oleh DPD KNPI Sulut,” tukas Pangemanan.
Diduga sejumlah mekanisme dalam pelaksanaan pelantikan pengurus ini tidak dilakukan, seperti pelaksanaan rapat pleno DPD I KNPI Sulut.
Pangemanan bersama kawan-kawan menyampaikan mosi tidak percaya kepada Ketua DPD 1 KNPI Sulut karena bertindak ceroboh dan melanggar AD/ART KNPI. “Kami minta DPP KNPI agar mengambil langkah tegas dan menindaklanjuti pelanggaran AD/ART yang mencederai wibawa OKP. DPP KNPI kiranya membatalkan SK kepengurusan DPD KNPI Minut karena tidak sesuai mekanisme," pungkas Pangemanan.
Saat dikonfirmas, Ketua DPD 1 KNPI Sulut Jackson Kumaat menjelaskan, pengurusan seperti ini sudah terjadi sejak KNPI Minut dipimpin Michael Dotulong, Audy Kalumata dan Jane Sompie. "Sejak dari mantan ketua Michael Dotulong, Audy Kalumata dan Jane Sompie sudah seperti itu dimana pengurus KNPI Minut ada yang dari luar daerah," ujar Jacko.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment