Berita Terbaru

Saturday, November 10, 2018

Kuhu: Kita Harus Kenang Jasa-Jasa Para Pahlawan
by Frani Bagawie - 0

Sekda Minut saat menabur bunga di atas makam pahlawan Maria Walanda Maramis.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM-Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Pemkab Minut dan TNI/Polri melaksanakan ziarah dan upacara di Taman makam pahlawan Maria Walanda Maramis Desa Maumbi Kecamatan Kalawat, Sabtu (10/11).
Upacara bendera ini dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Dandim 1310 Bitung-Minut Letkol Inf Kusnandar Hidayat SSos dan sebagai komandan upacara Kapten Inf M Takumansang.
Pengibaran sang saka Merah Putih di taman makam pahlawan.(foto:ist)
Dalam sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan oleh Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat SSos mengatakan, untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam, merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. "Kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita," kata Kusnandar.
Foto bersama petinggi Pemkab Minut dan TNI/Polri.(foto:ist)
Ditambahkannya, prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air bahkan di perwakilan Negara RI di luar Negeri.
"Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan ssmangat pengabdian bagi bangsa dan negara dihati sanubari bangsa Indonesia," ujarnya.
Dijelaskannya, peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru.
"Hari pahlawan bukan bersifat statis namum dinamis bisa menguat bahkan melemah. Dengan tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan," ucapnya.
Disamping itu, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Ir. Jemmy Kuhu MA mengatakan, pahlawan masa kini adalah peduli untuk anak bangsa. "Kita harus kenang jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia yang kita cintai," kata Kuhu.
Ditambahkan kuhu, Hari Pahlawan setiap tahun akan dilaksanakan upacara. Untuk kemajuan bangsa dan lebih khusus Kabupaten Minut. "Seperti sambutan menteri, kita-kita ini pahlawan masa kini, siapa saja bisa menjadi pahlawan. Sebagai bangsa yang besar kita harus mengenang jasa-jasa dari pahlawan," tutupnya.
Turut hadir Sekda Minut Ir. Jemmy Kuhu MA, Kapolres Minut AKBP Alfarits Pattiwael SIK, Asisten II allan Mingkid, Asisten III dr. Jane Symons, SKPD dan Siswa-siswi.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment