Berita Terbaru

Saturday, November 10, 2018

Hari Pahlawan Bukan Semata Sebuah Acara
by Frani Bagawie - 0

Pelaksanaan hari pahlawan di kota Tomohon.(foto:ist)
TOMOHON,SMCOM-Upacara Hari Pahlawan tahun 2018 dengan tema Semangat Pahlawan di Dadaku ini dihadiri oleh ribuan peserta dari veteran, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri , Sat Pol PP, perangkat desa dan kelurahan, dan pelajar, hingga wartawan.
Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE Ak dalam upacara yang dilaksanakan di lapangan Babe Palar itu bertindak selaku Irup, Sabtu (10/11) pagi.
Walikota Tomohon saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI mengatakan bahwa proses peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Kesatuan Republik Indonesia di luar negeri. “Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta Tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” ujar Walikota.
Ditambahkannya, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan haru menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.
Tema Hari Pahlawan tahun 2018 adalah "Semangat Pahlawan di Dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat beriniatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.
Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. “Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” tambahnya.
“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," kunci Walikota.
Turut hadir dalam upacara ini, unsur Forkopimda kota tomohon, Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf, Nixon Jubert Purnama, S.Th, Kapolres Tomohon AKBP. Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, M.Si, Kajari Tomohon yang diwakili oleh Kasubsie Uheksi Gideon Gultom, SH, Kepala kemeterian Agama Kota Tomohon Pdt. Simon Rawis, S.PAG, MPDK.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment