Berita Terbaru

Friday, October 19, 2018

Sekdes Fiktif, Mantan Asisten III Minut Ditahan Kejari
by Frani Bagawie - 0

MANTAN Asisten III Pemkab Minut saat dimasukkan ke dalam mobil untuk dibawah ke rumah tahanan.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM--Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut pada Jumat (19/10) telah melakuka  penahanan terhadap Max Purukan yang merupakan mantan Asisten III Pemkab Minut. Dirinya ditahan karena terkait kasus Sekretaris Desa (Sekdes) fiktif sebanyak 96 orang di tahun 2010.
Kajari Minut, Rustiningsih SH  mengatakan, tersangka telah ditahan karena dikhawatirkan akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. "Tersangka sendiri sudah melanggar pasal 12 UU tindak pidana korupsi dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun dan penahanan ini sudah sesuai prosedur dan UU," ujar Rustiningsih.
Diketahui, Max Purukan terlebih dahulu ditetapkan tersangka oleh Kejari Minut pada bulan September 2018. Dimana tersangka diduga melakukan manipulasi data dan dugaan aliran dana hingga miliaran rupiah, dimana sejumlah warga menyetor uang sebesar Rp40-60 juta kepada panitia pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN) lewat jalur Sekdes.
Oleh oknum tertentu, para warga yang menyetor uang diberikan Surat Keputusan (SK) sebagai Sekdes dengan data yang dimanipulasi sedemikian rupa karena desa tempat Sekdes bertugas sebenarnya tidak ada alias desa fiktif.
Namun, terdapat 25 Sekdes sisa yang tidak diakomodir, kepada mereka juga dimintakan uang sebesar Rp10-25 juta melalui salah seorang yang ditunjuk sebagai koordinator.
Dalam perkara Sekdes fiktif telah terjadi kesalahan yaitu pengangkatan Sekdes mendahului pengusulan. Ini Seharusnya pengusulan dulu baru ada pengangkatan. Dan yang kedua desa yang ditetapkan Sekdesnya dalam pengangkatan ternyata desa-desanya fiktif. Namun Sekdes yang diangkat tersebut berasal dari desa yang sebenarnya tidak ada di Minut.
Dalam pengangkatan Sekdes menjadi ASN ini terindikasi telah terjadi konspirasi besar karena mereka yang diangkat merupakan kenalan dan kerabat dekat eksekutif maupun legislatif. Kasus ini bergulir dalam rentang waktu 3 kepemimpinan Kejari Minut yang berturut-turut dipimpin oleh Kajari Irvan Samosir SH MH, kemudian beralih kepada Agus Sirait SH MH dan yang terakhir Rustinigsih SH MSi.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment