Berita Terbaru

Wednesday, October 31, 2018

Pengurusan AK1 di Disnaker Minut "Minim"
by Frani Bagawie - 0

KADIS Naker Minut, Robby Parengkuan.
AIRMADIDI,SMCOM--Salah satu keharusan atau persyaratan bagi pekerja untuk mendapatkan pekerjaan yakni harus memiliki Kartu Pencari Kerja atau AK1. Namun sayangnya, di Minut sendiri masih sangat minim warga untuk mengurus AK1. Ini dibuktikan dari data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Minut dimana dari bulan Januari sampai Oktober 2018 ini hanya 257 pencari kerja yang mengurus AK1.
Kadis Naker Minut, Robby Parengkuan pun mengakui hal tersebut. "Itu banyak yang mengurus dari CPNS dan warga yang akan bekerja di luar daerah untuk perusahaan ternama," kata Parengkuan kepada wartawan, Rabu (31/10).
Dikatakan Parengkuan, pengurusan AK1 ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan. Namun dalam peraturan tersebut tidak mengikat bagi perusahaan informal. Sebab perusahaan informal hanya menggunakan surat keterangan kelakuan baik dari pihak kepolisian. "Kesadaran pencari kerja memang kurang untuk mengurus AK1 sehingga yang mendaftar sangat minim," katanya.
Untuk itu, Parengkuan menghimbaukan kepada pihak perusahaan agar wajib meminta AK1 ke setiap pekerja yang akan dikerjakan. Sebab ini berdasarkan peraturan yang ada dari pemerintah pusat. "Ini akan kami sosialisasikan ke pihak perusahan agar mereka mentaati peraturan yang sudah ada," tambah Parengkuan.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment