Berita Terbaru

Monday, October 29, 2018

25 Rumah di Treman Hancur Akibat Angin Putting Beliung
by Frani Bagawie - 0

KONDISI rumah warga yang porak poranda akibat hantaman puting beliung.(foto:ist)
AIRMADIDI,SMCOM—Perubahan cuaca disaat ini sudah tidak dapat diprediksikan lagi sehingga bisa membawah bencana bagi manusia. Ini dibuktikan dengan hancurnya 25 rumah warga Desa Treman Kecamatan Kauditan akibat dihantam oleh hujan deras disertai angin puting beliung, Senin (29/10).
Menurut pengakuan dari salah satu warga Jaga 10 Desa Treman yakni Petrus Warouw-Rondonuwu, jika bencana ini tidak berlangsung lama karena hanya 2 menit angin datang sudah menghancurkan rumah miliknya. “Peristiwa terjadi sekitar pukul 14.45 Wita atau hampir jam 3 sore dimana saat itu saya berada di dalam rumah bersama 7 orang keluarga. Awalnya hujan turun tidak terlalu keras, tiba-tiba datang angin puting beliung dan langsung menerjang rumah kami hingga hancur berkeping-keping," beber Petrus yang terlihat masih trauma.
Disisi lain, salah satu ibu yang namanya enggan disebutkan mengtaakan, memang angin puting beliung kerap melintas di Desa Treman. "Angin tersebut datang dari lapangan Desa Treman. Sudah dua kali terjadi tapi tidak terlalu kuat. Tapi kejadian yang ketiga ini sangat kuat," ungkapnya.
Sementara itu, Camat Kauditan, Martho Rasubala ditemui di lokasi mengatakan pihaknya masih melakukan identifikasi rumah-rumah yang rusak berat maupun ringan. "Sementara untuk korban jiwa belum ada laporan. Kami pemerintah kecamatan dan desa, masih tengah mengumpulkan data. Untuk saat ini wilayah yang tertimpa musibah tersebut ada di Jaga 8, 9 dan 10," tandas Rasubala.
Dari kejadian ini, Rasubala menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terlebih pada musim pancaroba seperti ini. "Warga tengah bahu-membahu membersihkan puing-puing rumah yang berserakan. Dari data masuk, ada 25 rumah dan 1 kantor PKK yang rusak berat maupun ringan. Kami akan mengkoordinasi dengan BNPB dan Dinsos terkait penyelesaiannya," tutup Rasubala didamping perangkat Desa Treman.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment