Berita Terbaru

Thursday, September 20, 2018

VAP: KBPP-Polri Harus Ikut Sukseskan Pemilihan Legislative dan Pilpres 2019
by Frani Bagawie - 0

RAPAT Kerja Teknis Pembinaan dan Operasional Fungsi Binmas dan Rapimpinan Nasional (Rapimnas) KBPP-Polri.(foto:ist)
JAKARTA,SMCOM--Ketua Pimpinan Daerah (PD) Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Vonnie Aneke Panambunan memimpin Tim KBPP-Polri Provinsi Sulut mengikuti Rapat Kerja Teknis Pembinaan dan Operasional Fungsi Binmas dan Rapimpinan Nasional (Rapimnas) KBPP-Polri yang dilaksanakan Rabu (19-21/9) di dua tempat yakni Amos Cozy Hotel dan Golden Boutique Melawai.
Rakornis fungsi Binmas bertema “Penguatan Fungsi Binmas Guna Mendukung Terselenggaranya Pemilu 2019 Yang Aman Dan Damai” dan Rapimnas yang bertema “Merajut Perbedaan dan Memperteguh Kesetiaan Dalam Rangka Mensukseskan Pemilu 2019” dibuka oleh Kakorbinmas Polri Irjen Pol Dr Arklan Lubis. Sebagai peserta adalah 28 PD se-Indonesia, seluruh Direktur Binmas Polda se-Indonesia serta unsur Pimpinan Pusat KBPP-Polri.
Dalam arahan Kakorbinmas Irjen Pol Arklan Lubis menyampaikan beberapa agenda nasional yang menjadi atensi khusus Polri. Menurut Lubis, KBPP-Polri menjadi mitra sejajar Polri sehingga dapat bertindak sebagai bagian dari Polri.
Acara ini sangat penting dilaksanakan, karena selain konsolidasi, juga untuk penguatan kelembagaan mulai dari pengurus pusat sampai dengan resort bahkan di Polres. “Acara ini bertujuan guna mengevaluasi pencapaian kinerja fungsi Binmas ditingkat Kor Binmas dan dijajajran seluruh Polda se-Indonesia. Selain itu juga membahas bebagai permasalahan teknis dalam tugas ke-Binmasan yang akan dihadapi, khususnya dalam rangka mengantisispasi timbulnya dampak gangguan kamtibmas terkait pelaksanaan pemilu legislative dan pemilihan presiden dan wakil presiden secara serentak,” tukas Lubis.
Lebih jauh dikatakan Lubis, memperhatikan UU Nomor 2 tahun 2002, tentang  tugas pokok Polri, maka domain tugas kepolisian mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang semakin meningkat tajam jelang pemilu yang bila tidak diantisipasi akan berubah menjadi ambang gangguan yang bias berubah menjadi gangguan nyata. Selain agenda pemilu, agenda yang semakin dekat yakni pengamanan jelang perayaan natal umat Kristiani dan tahun baru 2019 nanti.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KBPP-Polri Bimo Suryono SE, dalam sambutannya membacakan sejarah berdirinya KBPP-Polri yang berdiri sejak dipisahnya Polri dengan ABRI yang secara yuridis formal tertuang dalam Tap MPR nomor 6/MPR tahun 2000 tentang pemisahan TNI dan Polri. "Perhatian pimpinan Polrin terhadap KBPP-Polri semakin nyata, hal ini terlihat dalam peraturan Kepala Kepolisian RI nomor 3 tahun 2015 tanggal 26 Mei perihal intensifikasi fungsi-fungsi teknis kepolisian pembinaan KBPP-Polri. Acara ini diharapkan bisa menjadi kalender tahunan PP dan juga ditingkat PD maupun resor untuk menggelar Musda dan Museres, sehingga pengawasan, perkembangan, pembinaan, kemajuan KBPP-Polri melekat pada kedinasan Polri. Dalam menjalankan organisasi KBPP-Polri ada pada hasil Munas ke 4 tahun 20215. Sehingga kami menginstruksikan kepada setiap PD untuk menggelar Musada dan Musres,” tukas Bimo.
Terpisah, Ketua PD Provinsi Sulut, Vonnie Aneke Panambunan (VAP) mengungkapkan keikutsertaan Pimpinan Daerah dan Pimpinan Resor merupakan upaya peningkatan kapasitas pengurus, sehingga dapat menjalankan roda organisasi yang berorientasi pada hasil Munas ke 4 tahun 2015.
“Saya senang dan bangga dapat mengikuti Rapimnas ini, karena ini merupakan momentum untuk memperkuat kapasitas pengurus sekaligus mendengar arahan dari pimpinan Polri yang pada intinya KBPP-Polri harus ikut menyukseskan Pemilihan legislative dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019,” tukas Panmbunan.
Usai pembukaan acara ini dilanjutkan dengan foto bersama para utusan PD dan resor yang hadir. Rapimnas kemudian akan dilanjutkan hari ini Kamis (20/9) di Hotel Golden Boutiqe dengan pemateri antara lain dari Baharkam Mabes Polri dan Kemenkumham RI.
Sekretaris KBPP-Polri Sulut Fice Montolalu ditemui di tempat acara mengatakan keikutsertaan tim dari Sulut ini didukung penuh oleh Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs Bambang Waskito dan Dir. Binmas Kombes Darwanto yang kehadirannya di acara ini diwakili oleh Wadir Binmas AKBP Meity Wongkar, selaku Pembina. Keikutsertaan ini juga merupakan hasil dukungan dari Ketua PD KBPP-Polri Sulut Vonnie Aneke Panambunan yang ikut hadir sebagi peserta dalam acara Rakernis Fungsi Binmas dan Rapimnas.
Tim KBPP-Polri Sulut terdiri dari Fice Montolalu(PD), Altin Mantiri dari Resor Minsel,  Henny Sinaulan (PD), Decky Maskikit, dari Resor Manado, Joko Sukaemi (PD), Rubby Worek dari Resor Minut, Linda Lahamesang dari Resor Bolmong, Johanis Tentero dari Resor Minahasa, Julita Nelwan dari Resor Tomohon dan  Novie Tangkudung dari Resort Bitung.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment