Berita Terbaru

Saturday, September 29, 2018

Tak Merekam e-KTP Hingga Desember, 21.442 Suara Warga Terancam Tak Ikut Pemilu
by Frani Bagawie - 0

AIRMADIDI,SMCOM—Hingga akhir bulan Agustus lalu, masih ada 21.442 warga Minut belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minut memberikan batas waktu hingga bulan Desember agar bisa melakukan perekaman. Jika tidak, maka 21.442 suara warga Minut tersebut terancam tidak bisa mengikuti Pemilu untuk pilpres maupun pilcaleg di tahun 2019 mendatang karena akan diblokir.
Hal tersebut ditegaskan Plt Kadis Dukcapil Minut Arnolus Wolajan SSTP melalui Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Minut Josephien Manua SE. "Jadi setiap bulan kami lapor ke pusat dan data sampai terakhir bulan lalu itu ada pada angka 21.442 wajib KTP," ujarnya.
Lanjutnya, sangat susah jika semua bisa terakomodir karena datanya dinamis dan setiap hari itu bertambah. Salah satunya penambahan dari faktor usia yang sudah menginjak 17 tahun.
Manua menambahkan, batas untuk wajib KTP ini sampai Desember, ketika mereka tidak mengurus akan diblokir datanya. "Itu sesuai petunjuk dari pusat dan mereka tidak dilayani lagi nanti. Untuk itu, saat ini walau belum umur 17 tahun sudah boleh melakukan perekaman. Tetapi, umurnya nanti genap 17 tahun maksimal 17 April nanti saat pemilu," tutupnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment