Berita Terbaru

Thursday, September 27, 2018

Eman Terima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Dari Kemendikbud
by Frani Bagawie - 0

WALIKOTA Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI kategori Pemerintah Daerah.(foto:ist)
TOMOHON,SMCOM--Sebanyak 51 tokoh atau kelompok menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Plaza Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Jakarta, Rabu (26/9).
Salah satunya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI kategori Pemerintah Daerah.
Selain Walikota Tomohon ada beberapa tokoh yang menerima penghargaan ini antara lain Ebiet G Ade (musik), Glen Fredly (musik), Sidi Saleh (film), Eko Supriyanto (tari), Afrizal Malna (Sastra), Abah Engkus (silat), Ashadi Siregar, Katamsi Martohardjo dan lainnya.
Penyerahan penghargaan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2012.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Muhajir Effendy MAP menjelaskan penghargaan ini adalah bentuk komitmen untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Program apresiasi ini sebagai salah satu alat menginternalisasikan nilai budaya, sehingga diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia. "Dan juga penghargaan ini adalah bentuk komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia agar tetap mengakar dengan cara menghargai tokoh Indonesia yang secara konsisten berkarya dan berkontribusi dalam kebudayaan," katanya.
Untuk diketahui, Kota Tomohon merupakan satu-satunya Kota yang mendapatkan Anugerah Kebudayaan 2018 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kategori Pemerintah Daerah Kota. Sedangkan Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten diterima oleh Kabupaten Wonosobo.
Penghargaan ini diberikan karena komitmen dan kerja keras Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai Kota Pariwisata berbasis kebudayaan. Berbagai kegiatan yang digelar seperti Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) yang diikuti oleh 19 negara, Mapalus sebagai bagian dari tradisi kerja sama para leluhur, pengucapan syukur, dan kegiatan budaya lainnya merupakan upaya dari Pemerintah Kota untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota Budaya. “Kami sangat mensyukuri penghargaan Anugerah Kebudayaan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Tomohon untuk melestarikan budaya lokal yang ada di Kota Tomohon", kata Eman disela kegiatan.
"Raihan penghargaan ini tentu adanya dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tomohon dalam menyukseskan berbagai program yang ada", tambah JFE.
Mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid PhD. Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dr Nadjamuddin Ramly dan pejabat Eselon 1 lainnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Adapun ikut mendampingi Walikota Tomohon dalam menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi dan Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP MSi.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment