Berita Terbaru

Wednesday, September 19, 2018

Disnaker Warning 265 Koperasi Yang Ada di Minut
by Frani Bagawie - 0

KEPALA Disnaker Minut Petrus Macarau.
AIRMADIDI,SMCOM--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Minut memberikan warning atau peringatan keras kepada 265 koperasi yang ada di Minut agar dapat melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sebab diduga masih banyak koperasi di Minut belum melakukan RAT. "Karena RAT merupakan salah satu tolak ukur sejauh mana koperasi itu berkembang dalam menjalankan usahanya. Untuk itu kami terus mendorong agar koperasi di Minut harus mampu melaksanakan RAT," ujar Kepala Disnaker Minut, Petrus Macarau kepada wartawan, Rabu (19/9).
Dikatakan Macarau, pelaksanaan RAT merupakan kewajiban pengurus koperasi sebagai pelaksana undang-undang dan anggaran dasar koperasi. Pelaksanaan RAT dengan tepat waktu merupakan tolak ukur penilaian kinerja pengurus yang merupakan amanat rapat anggota dalam mengelola koperasi. "Untuk itulah kita mendorong agar koperasi yang ada di Minut ini bisa melaksanakan RAT. Kita sudah sampaikan himbauan ke sejumlah koperasi yang aktif. Kita terus pantau perkembangannya. Ini penting untuk melihat sejauh mana perkembangan usahanya," kata Macarau.
Dikatakan Macarau, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang penyelenggaraan RAT. "RAT itu merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi baik untuk menetapkan kebijakan umum maupun dalam menetapkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi," jelasnya.
Ditambahkan Macarau, RAT paling lambat dilaksanakan 2 tahun sesuai perundang-undangan yang berlaku. Jika tidak dilaksanakan, maka koperasi tersebut siap dibekukan pemerintah. "Ini sudah akan habis tahun dan diharapkan koperasi melakukan RAT. Jika tidak, siap-siap koperasi itu dibekukan," tambah Macarau.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment