Berita Terbaru

Friday, July 27, 2018

VAP Lepas Ikan Duyung Yang Ditemukan Warga Tinongko
by Frani Bagawie - 0

BUPATI Minut VAP saat melihat langsung ikan duyung yang terjaring jala nelayan untuk dilepaskan.(foto:glen/smcom)
AIRMADIDI,SMCOM-Wilayah konservasi Taman Laut Bunaken memiliki berbagai jenis ikan dan sebagian bisa dikatakan sudah cukup langka seperti ikan duyung. Bahkan keberadaan ikan duyung ini pun sering terlihat di wilayah tersebut. Keberadaan ikan langka ini pun sering tertangkap jaring nelayan.

Seperti ikan duyung yang terdampar dan diamankan oleh nelayan Desa Tinongko Kecamatan Wori Pulau Mantehage pada Kamis 26 Juli 2018 kemarin. Ikan duyung dengan berat sekitar 50 Kilogram dan panjang hampir 1 meter ini, akhirnya dilepas oleh Bupati Minut Vonny A Panambunan (VAP) saat melakukan peninjauan serta penyerahan bantuan bagi masyarakat pesisir di beberapa desa di 2 pulau Kecamatan Wori yakni Pulau Nain dan Pulau Mantehage, Jumat 27 Juli 2018.

Nelayan yang mengamankan ikan duyung ini pun diberikan imbalan sebesar Rp3 juta. "Ikan duyung ini dilindungi dan harus kita lestarikan. Jadi haria dilepas kembali ke laut," jelas Bupati VAP.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Minut, Sadrak Tairas yang juha ikut hadir dalam kegiatan itu mengatakan jika wilayah pulau Mantehage memamg merupakan daerah yang banyak didatangi ikan lumba-lumba dan ikan duyung. Ini dikarenakan faktor taman laut Bunaken. "Pulau Mantehage masuk dalam zona penyanggah Taman Laut Bunaken sehingga spesias ikan yang ada disitu tidak boleh dipancing, apalagi menggunakan bom," tambah Tairas.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment