Berita Terbaru

Monday, July 9, 2018

Program Bedah Rumah di Minut Terkesan Pilih Kasih
by Frani Bagawie - 0

Program Bedah Rumah diharapkan tepat sasaran.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Program Bedah Rumah yang berasal dari dana APBN di Minut, dinilai warga terkesan pilih kasih. Menurut warga, ada penerima program ternyata masuk keluarga sejahtera. Padahal, program itu ditujukan kepada warga kurang mampu yang memiliki rumah tidak layak. "Di kampung kami, dari usulan 39 kepala keluarga (KK) namun hanya disetujui 31 KK. Padahal masih banyak warga di kampung kami yang membutuhkan bantuan bedah rumah itu. Kami curiga ini ada permainan antara Kumtua dengan dinas terkait," ujar salah satu warga Desa Sampiri Kecamatan Airmadidi, David Lumingkewas kepada wartawan Senin 9 Juli 2018.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi 2 DPRD Minut Drs Moses Corneles mengatakan jika warga tidak boleh menyalahkan Kumtua. Sebab program Bedah Rumah ini hanya berdasarkan usulan dari Kumtua dan itu akan langsung diverifikasi oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Minut. "Jadi dari usulan Kumtua ini, maka Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Minut langsung menurunkan tim guna memverifikasi jika keluarga itu layak mendapatkan bantuan Bedah Rumah atau tidak," jelas Corneles.

Ditambahkan Corneles, jika pun dalam suatu desa itu banyak keluarga tidak mampu yang layak mendapatkan program pemerintah pusat, maka akan dilakukan secara bertahap setiap tahun. Sebab anggaran yang disiapkan dari dana pemerintah pusat ini sangat terbatas. "Kami harap juga kiranya anggaran inj pada tahun depan bisa bertambah," ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Minut, Joseph Dengah pun menambahkan jika dalam program Bedah Rumah ini ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki keluarga agar bisa mendapatkan bantuan tersebut. Bahkan bantuan ini hanya dalam bentuk barang material untuk pembangunan rumah. "Kami dari DPRD Minut akan turun periksa apakah keluarga itu layak terima atau tidak," tandas Dengah.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment