Berita Terbaru

Monday, July 16, 2018

Perayaan HUT ke-395 Kota Manado, Sederhana Namum Meriah
by fadjrin haryanto - 0

Pemasangan lilin ulang tahun. (Foto: Humas Pemkot Manado)

MANADO, SMCOM – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-395 Kota Manado, yang diperingati setiap 14 Juli, dirayakan secara sederhana namun tetap meriah, pada Sabtu (14/7/2018).
Pantauan KlikNews, perayaan tersebut diawali upacara bendera di Lapangan Sparta Tikala Manado. Wali Kota Manado Vicky Lumentut secara langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). 

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri pula Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone dan anggota DPRD Manado, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof Julyeta PA Lumentut Runtuwene bersama Wakil Ketua Imelda Bastiaan Markus dan jajaran pengurus TP-PKK Manado, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB), Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Manado.



Foto bersama usai upacara. (Foto: Humas Pemkot Manado)

Dalam sambutannya, Wali Kota Vicky Lumentut menegaskan bahwa Manado untuk tahun ini telah meraih berbagai keberhasilan. Hal itu ditandai banyaknya penghargaan yang diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.
“Dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-395 Kota Manado pada tahun 2018 ini, kita bersyukur karena berhasil mendapat penghargaan serta capaian penilaian tertinggi atas berbagai program kerja yang kita laksanakan. Ini semua boleh kita capai bersama atas dukungan dari masyarakat Kota Manado,” ujar Lumentut.
Dia pun menyatakan bahwa Manado mendapat tantangan baru untuk mempertahankan status sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. “Penghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk bisa mempertahankannya,” tegasnya.



Suasana upacara berlangsung khidmat. (Foto: Humas Pemkot Manado)


“Perlu keterlibatan kita semua, yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga, kemudian lingkungan dan seterusnya sampai ke tingkat kota. Kita harus mampu menjaga dan memelihara Kota Manado sebagai kota yang aman dan rukun,” ungkap Lumentut.
Oleh karena itu, lanjut dia, pada perayaan HUT ke-395 Kota Manado tahun 2018, diangkat tema Manado Cerdas Manado Rukun. “Untuk menggambarkan kondisi Kota Manado sekarang ini,” tambahnya.

Usai upacara yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemkot Manado, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serta Tentara Nasional Indonesia (TNI), pelajar dan mahasiswa, Wali Kota Vicky Lumentut bersama Wawali Mor dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Rum Usulu menyerahkan Satya Lencana Karya Satya kepada beberapa ASN, juga penghargaan kepada mereka yang berprestasi.




Suasana sidang paripurna. (Foto: Humas Pemkot Manado)

Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Manado di Ruang Serba Guna Kantor Wali Kota Manado yang dipimpin Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone.
Setelah itu, pada malam harinya, Pemkot Manado menggelar acara syukur selesainya renovasi Taman Kesatuan Bangsa (TKB) serta pembukaan selubung papan nama TKB Alex Kawilarang di pusat Kota Manado.
Dalam acara itu juga, digelar launching Gebyar Undian Taat Bayar Pajak yang dilakukan Vicky Lumentut bersama Wakil Mor Bastiaan, disaksikan Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Ketua TP-PKK Prof Julyeta PA Lumentut Runtuwene dan Imelda Bastiaan Markus, unsur Forkopimda Manado serta masyarakat yang memadati area TKB.



Pembukaan selubung papan nama TKB Alex Kawilarang. (Foto: Humas Pemkot Manado)


“Launching Gebyar Undian Taat Bayar Pajak, saat ini baru akan diberlakukan bagi warga taat bayar pajak khusus di tempat-tempat makan atau restoran. Dan kemudian juga akan diberlakukan untuk undian parkir, guna memberi reward bagi warga yang taat bayar pajak, serta meminimalisir terjadinya kecurangan atau aksi main mata antara oknum-oknum pengusaha resto dengan petugas yang dipercayakan untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang merupakan ujung tombak pembangunan di daerah ini,” jelas Lumentut.
Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, penarikan Gebyar Undian Taat Bayar Pajak khusus restoran dan rumah makan akan dilakukan setiap bulan pada tanggal 14, disesuaikan dengan HUT Kota Manado, yakni 14 Juli. 

“Dan bagi warga taat pajak yang beruntung, akan diberikan hadiah berupa sepeda motor, telivisi, kulkas dan sejumlah hadiah menarik lainnya. Warga taat bayar pajak yang mengikuti penarikan undian dilakukan tiap bulan, tidaklah susah. Yakni, hanya mengambil Bill atau Struk disetiap restoran yang dikunjungi, lalu memasukkan Bill atau Struk itu ke kotak yang disediakan pemilik restoran saat keluar makan. Serta mencantumkan atau menulis identitas nama dan nomor telepon Handphone, agar bisa diketahui dan dihubungi pihak Pemkot Manado nantinya,” ujar Lumentut.

 Sementara itu, saat membuka selubung papan nama TKB Alex Kawilarang, Lumentut mengatakan bahwa TKB di pusat Kota Manado itu merupakan salah satu ikon wisata kebanggaan daerah ini.

Sehingga, Pemkot Manado melakukan renovasi keberadaan area yang banyak dinikmati masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Manado. “Renovasi TKB Alex Kawilarang merupakan upaya Pemerintah Kota Manado untuk memperkuat posisi tempat-tempat bersejarah di Kota Manado, sebagai ruang perjumpaan yang menyenangkan bagi masyarakat dan sebagai bagian dari pengembangan sektor pariwisata. Saya yakin dengan direnovasinya TKB ini akan membawa daya tarik, memberi warna serta kenyamanan bagi pengunjung yang datang serta menambah semarak suasana pusat Kota Manado,” harapnya.


Penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT ke-395 Kota Manado. (Foto: Humas Pemkot Manado)


“Dan saya mengajak segenap masyarakat agar ikut menjaga dan merawat semua fasilitas yang menjadi tempat kebanggaan torang samua (kita semua) warga Manado,” ucapnya. 

Acara yang dipandu pelawak om Kale, Sule, Ondos dan tanta Melly semakin semarak dengan penampilan atraksi kesenian budaya tarian Kabasaran dan musik kolintang serta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT ke-395 Kota Manado serta ditutup dengan pesta kembang api.

Tampak hadir Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Manado James Karinda, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Manado Drs Albert Wuysang, dan tokoh masyarakat lainnya.(efh/lipsu)






« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment