Berita Terbaru

Wednesday, July 4, 2018

Ironis, 9832 Warga Minut Terancam Kehilangan Hak Suara
by Frani Bagawie - 0

Hendra Lumanauw.
AIRMADIDI SMCOM--Pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Legislatif tahun 2019 sudah semakin dekat. Tahapan demi tahapan pemilihan ini pun mulai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di berbagai daerah. Namun ironisnya, sesuai data KPU Minut dimana sampai saat ini ada sebanyak 9832 warga di daerah itu terancam kehilangan hak suara mereka.

Divisi Perencanaan, Data dan SDM KPU Minut, Hendra Lumanauw MA mengatakan, 9832 pemilih ini terancam kehilangan hak pilih karena tidak mengantongi e-KTP maupun Surat keterangan (Suket). "Untuk diharapkan warga yang belum memiliki e-KTP maupun Suket bisa proaktif mengurus berkas ini supaya tidak kehilangan hak pilih," ujarnya kepada wartawan, Rabu 4 Juli 2018.

Lumanauw juga meminta peran serta Parpol untuk pro aktif mengarahkan pemilih yang belum ada e-KTP itu ke Discapilduk mengurus e-KTP supaya tidak kehilangan hak menyalurkan suara. "Sekarang masih ada kesempatan  perbaikan pada Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari tanggal 8 sampai 21 Juli," ucap Lumanauw seraya meminta pemerintah dalam hal ini pihak Discapilduk Minut juga bisa ikut memfasilitasi pemilih yang belum punya e-KTP untuk dibuatkan.

Sementara itu, Ketua KPU Minut, Stela Runtu menambahkan untuk DPS Minut saat ini 147.218. Lanjutnya tahapan saat ini sudah masuk pada tanggapan masyarakat terhadap DPS. "DPT juga bukan akhir segalanya. Karena masih ada daftar pemilih tambahan," tandas Runtu.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment