Berita Terbaru

Saturday, June 16, 2018

Volume Sampah Meningkat di Kotamobagu
by fadjrin haryanto - 0

Masril Lapandengan



KOTAMOBAGU, SMCOM - Hari Raya Idul Fitri volume sampah meningkat di Kota Kotamobagu. Hal ini diperkirahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu Nasrun Gilalom, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Persampahan dan Limbah Masril Lapandengan, kemarin.

Menurut dia, puncak peningkatan sampah itu pada H+5 hingga H+7 lebaran. Setelah itu volume sampah bakal normal kembali. "Volume sampah meningkat karena ada perayaan lebaran. Juga karena sebagian  petugas kebersihan pulang kampung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi sampah meningkat katanya, Dinas Lingkungan Hidup tetap stand by dengan pengaturan jadwal piket, sehingga pelayanan operasional tetap optimal. "Sebagian personel tetap stand by dengan pengaturan jadwal piket, agar kegiatan pelayanan persampahan tetap optimal," katanya.

Dia menjelaskan, jenis sampah yang mengalami peningkat yaitu sampah rumah tangga, seperti sayur-mayur, buah-buahan, plastik, serta pembungkus makanan lainnya. "Ini hanya disaat Idul Fitri, dari tahun ke tahun peningkatan sampah tetap ada. Tapi kami belum bisa pastikan apakah sampah tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Dia juga mengakui, belum ada penambahan mobil pengangkut sampah menjadi kendala. Karena pihaknya baru akan melakukan penambahan 2019 mendatang."Kami masih kurang mobil pengangkut sampah. Itu menjadi salah satu kendala kami dalam penanganan kebersihan di Kotamobagu," pungkasnya.(mg3)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment