Berita Terbaru

Friday, June 29, 2018

Pemkot Tomohon Ada Rencana Pembangunan Rel Kereta dalam Revisi RTRW
by fadjrin haryanto - 0

Ervinz Liuw


TOMOHON, SMCOM - Pemerintah kota (pemkot) Tomohon memastikan untuk revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) bakal dituntaskan tahun ini. Itupun, wajib mengikuti arah kebijakan nasional dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan satu wilayah pemerintahan. Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Ervinz Liuw menyatakan, di awal triwulan III pihaknya siap merampungkan revisi RTRW. “Karena sesuai dengan arahan dan menyesuaikan dengan visi misi pembangunan di Tomohon, zonasi kawasan wisata wajib diprioritaskan,” ungkap Liuw di sela pelaksanaan Rapat Bersama Tomohon Planners Club di Aula Kronka Kelurahan Matani I, Kamis (28/6) kemarin.

Dikatakannya, ada tim khusus yang kesemuanya berasal dari eksternal pemerintahan yang bakal menyusun RTRW. Setelahnya, pembahasan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan agar hasil optimal bisa terwujud. “Pastinya, ada hearing dengan dewan atau komisi terkait. Tim penyusun dari Unsrat, mudah-mudahan awal Juli ini sudah bisa jalan,” kata dia.

Sementara, Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Frany Tulung menambahkan, dalam pembahasan RTRW nanti, ada satu agenda penting yang bakal masuk pembahasan. “Adalah, pembangunan stasiun pemberhentian kereta api Trans Sulawesi yang stasiun pemberhentiannya ada di Kelurahan Woloan. Lebih jauh, teknis pembahasan soal pembebasan lahan, berapa yang besar luasannya, teknisnya detilnya masih akan dibahas nanti,” papar dia.

Olehnya, dirinya berharap peran dan dukungan aktif tak hanya SKPD terkait, namun seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Tomohon. “Menentukan baik tidaknya, berhasilnya arah kebijakan pembangunan daerah, jadi tanggung jawab semua pihak,” pungkasnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment