Berita Terbaru

Tuesday, June 5, 2018

Badan Keuangan Minut Luncurkan Aplikasi Sibunga
by Frani Bagawie - 0

Kepala Badan Keuangan Minut saat menjelaskan penggunaan Aplikasi Sibunga kepada para Kumtua.(foto:glen/smcom)
AIRMADIDI SMCOM--Guna memaksimalkan sumber pendapatan daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Minut, maka Badan Keuangan Minut pun mengeluarkan aplikasi Sibunga (System Integrasi Pajak Bumi dan Bangunan). Produk baru ini pun langsung disosialisasikan kepada seluruh ASN Pemkab Minut terlebih para Camat dan Hukum Tua (Kumtua) se-Minut yang digelar di autrium kantor Bupati, Selasa 5 Juni 2018.

Kaban Keuangan Minut, Robby Parengkuan SH mengatakan, aplikasi Sibunga ini sangat menguntungkan warga wajib pajak di Minut guna mengetahui besaran PBB. Bahkan warga wajib pajak pun bisa mengetahui aliran pembayaran pajak ini apakah sudah masuk kas daerah atau belum. "Aplikasi ini sementara dibuat dan efektif akan berlaku pada awal tahun depan," jelas Parengkuan.

Diungkapkan Parengkuan, tugas Camat dan Kumtua yakni mengontrol wajib pajak apakah sudah membayar atau belum. "Kami juga akan bekerjasama dengan Ombudsman untuk mengukur indeks kepuasan warga terhadap aplikasi ini," katanya seraya menambahkan jika pembayaran PBB tidak hanya terfokus pada Bank SulutGo.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2018 kepada Camat dan diteruskan ke para Hukum Tua. "Diharapkan camat dan Kumtua bisa menyerahkan  SPPT PBB-P2 ini ke para wajib pajak di daerah masing-masing," tambah Parengkuan.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah kepala SKPD, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs Allan Mingkid, Asisten Bidang Administrasi Umum dr Jaene Symon dan perwakilan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment