Berita Terbaru

Thursday, May 10, 2018

Soal Dugaan TKA Illegal, Ini Tanggapan Sekda Minut
by Frani Bagawie - 0

Sekda Minut DR Jemmy Kuhu MA.
AIRMADIDI SMCOM--Permasalahan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diduga illegal di Minut, mendapat tanggapan dari Sekda Minut DR Jemmy Kuhu MA. Menurutnya, hal itu akan disikapi nanti oleh Pemprov Sulut dengan dikeluarkannya surat dari Gubernur Sulut. "Dalam surat itu nanti akan menyatakan jika pengurusan Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing atau IMTA nantinya sudah akan melalui Disnaker Sulut. Jadi itu wajib dilaksanakan perusahaan yang ada di Sulut termasuk Minut," jelas Kuhu kepada wartawan belum lama ini.

Saat ini, pemerintah telah membebaskan kunjungan wisatawan asing masuk ke Indonesia tanpa menggunakan visa. Tak heran banyak turis terlebih dari negara Thiongkok datang dan diduga sudah bekerja di sejumlah perusahaan di daerah ini tanpa melapor ke pihak terkait.

Kuhu menduga, kemungkinan maraknya TKA ilegal asal Thiongkok disebabkan karena kurangnya memadai Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat lokal sehingga kalah bersaing dengan warga pendatang. Apalagi soal kemampuan dalam berbahasa Mandarin dari warga lokal. Sebab, kepandaian berbahasa Mandarin dari warga lokal ini sangat diperlukan perusahaan di daerah mengingat Sulut saat ini telah "diserbu" oleh wisatawan Thiongkok. "Ini harus ada kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan agar SDM bisa ditingkatkan terlebih dalam bahas Mandarin," jelas Kuhu.

Kuhu berharap kiranya permasalahan TKA ini bisa segera teratasi mengingat Kabupaten Minut terlebih khususnya wilayah Kecamatan Wori dan Kecamatan Likupang Raya telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Sebab wilayah ini nantinya akan mendatangkan investasi dari sektor pariwisata sehingga membutuhkan tenaga kerja yang handal. "Investasi masuk harus dibarengi dengan SDM yang handal dari warga lokal agar tidak tersaingi dengan warga pendatang lainnya," tambah Kuhu.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment