Berita Terbaru

Friday, May 11, 2018

Sawangan Keluhkan Anggaran Dandes Yang Terus Berkurang
by Frani Bagawie - 0

Stendry Wangke.
AIRMADIDI SMCOM--Penyaluran tahap pertama Dana Desa (Dandes) 2018 mulai dilakukan pemerintah daerah Minut. Namun sayangnya, jumlah anggaran Dandes yang diterima setiap desa di Minut, ternyata ada beberapa desa di daerah itu yang mengalami pengurangan dana.

Seperti yang dialami Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi dimana pada tahun ini hanya menerima Dandes sebesar Rp691 juta. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun kemarin yang hampir mendekati Rp800 juta. "Banyak warga yang bertanya kepada saya, kenapa Dandes tahun ini mengalami penurunan yang dratis. Bahkan kuota Raskin tahun kemarin juga yang mencapai 161 Rumah Tangga Sasaran (RTS), sekarang tinggal 54 penerima Rastra," jelas Hukum Tua Desa Sawangan, Stendry Wangke SH kepada wartawan, Jumat 11 Mei 2018.

Dikatakan Wangke, jika hal tersebut sudah dipertanyakan ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Serta Pemerintah Desa Minut. Namun tanggapan dari SKPD tersebut jika anggaran yang disalurkan itu mengacu dari data Badan Pusat Statistik (BPS). "Menurut Dinsos dan PMD Minut jika mereka hanya menyalurkan dan data diambil dari BPS. Mereka menilai jika masyarakat Desa Sawangan sudah banyak yang sejahtera," jelas Wangke.

Dirinya berharap kiranya hal tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah daerah. Sebab, Desa Sawangan yang memiliki 9 jaga/lingkungan ini masih banyak membutuhkan pembangunan sarana infrastruktur. "Dandes yang kami terima akan disalurkan untuk pembangunan. Semoga ini menjadi perhatian pemerintah daerah," tambahnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment