Berita Terbaru

Wednesday, May 30, 2018

Pulisan Bangun Talud dan Rabat Beton Dari Dandes
by Frani Bagawie - 0

Proyek pembangunan yang sementara dikerjakan di Desa Pulisan dari anggaran Dandes.(foto:glen/smcom)
AIRMADIDI SMCOM--Penyaluran Dana Desa (Dandes) tahap pertama di setiap desa di Kabupaten Minahasa Utara, sudah hampir rampung. Bahkan pengerjaan fisik dari dana ini pun mulai ada yang dikerjakan oleh masing-masing pemerintah desa.

Seperti yang dilakukan oleh Desa Pulisan Kecamatan Likupang Timur dimana saat ini telah menerima pencairan dandes tahap pertama sebesar Rp125 juta yang gunakan untuk pembangunan rabat beton dan juga talud. "Dana Rp125 juta itu digunakan pada 3 item anggaran yang terbagi untuk pembangunan talud sepanjang 200 meter dengan nilai Rp43 juta, pembangunan rabat beton dengan lebar 3,5 meter dan panjang 100 meter senilai Rp67,4 juta dan sisanya untuk pelatihan Siskeudes atau Sistem Keuangan Desa," kata Hukum Tua Desa Pulisan Veckly Ansa kepada wartawan, Rabu 30 Mei 2018.

Dikatakan Ansa, pembangunan proyek fisik ini sudah berjalan sekitar 50% dimana nantinya itu akan dinikmati oleh masyarakat desa Pulisan. Sedangkan untuk pelatihan Siskeudes dilakukan guna memberikan keterampilan bagi aparat pemerintah desa agar bisa mengelolah keuangan desa dengan baik. "Siskeudes ini sangat baik supaya kita sebagai pemerintah desa tidak selamanya harus mendapat pendampingan untuk mengelolah keuangan desa," katanya.

Dirinya berharap kiranya proyek pembangunan di desa dari anggaran Dandes ini bisa dijaga masyarakat desa. "Pulidan memiliki pantai yang terkenal yakni Pantai Pulisan dan itu harus ditunjang dengan pembangunan desa yang baik agar bisa mendatangkan wisatawan," tambahnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment