Berita Terbaru

Sunday, May 27, 2018

Pulau Talise Impikan Jalan Lingkar
by Frani Bagawie - 0

Butje Pudihang.
AIRMADIDI SMCOM--Membangun dari daerah terpencil seperti kepulauan, menjadi salah satu program prioritas dari pemerintahan Presiden RI Ir Joko Widodo. Maka dari itu, Kabupaten Minut yang memiliki beberapa pulau pun sangat mendambakan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang berupa jalan.

Seperti impian warga Pulau Talise yang sudah bertahun-tahun mendambakan Pemerintah bisa membangun jalan lingkar di pulau paling ujung Kabupaten yang baru dimekarkan 13 tahun silam ini. "Memang sudah lama menjadi impian warga di Desa Wawunian ini agar pemerintah bisa membangun jalan lingkar untuk mendekatkan jarak kampung yang satu dengan yang lainnya," ujar Hukum Tua Desa Wawunian Pulau Talise Kecamatan Likupang Barat, Butje Pudihang kepada wartawan, Minggu 27 Mei 2018.

Dikatakan Pudihang, Talise merupakan salah satu dari banyak pulau kecil di Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Diperkirakan, pulau ini memiliki luas sekitar 200 hektar, dengan panjang 6 km dan lebar 2 Km. Pulau Talise pun memiliki 4 desa yakni Wawunian, Tambun, Airbanua dan Desa Tarabitan.

Mengingat luas wilayah yang cukup besar, maka sudah sepantasnya pulau ini memiliki jalan lingkar. Sebab jika hanya berharap dari transportasi laut, hal itu sangat tidak mungkin mengingat sering terkendala dengan cuaca tak bersahabat dan gelombang besar. "Dengan adanya jalan lingkar, maka pasti segala keperluan masyarakat berupa pendidikan, kesehatan dan juga perdagangan bisa berjalan lancar," tambahnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Minut, Berty Kapojos mengatakan jika pembangunan jalan lingkar di pulau itu memang baik untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Hanya saja, untuk menyediakannya butuh pelabuhan atau dermaga yang memadai. "Sebab untuk menurunkan alat berat dan berbagai keperluan lainnya dalam membangun jalan lingkar, itu harus ada dermaga yang memadai supaya kapal bisa bersandar," jelas Kapojos seraya mengatakan jika hal ini akan dibahas DPRD dengan pihak Pemkab Minut.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment