Berita Terbaru

Friday, May 25, 2018

Polindes Wawunian Diabaikan Oleh Dinkes Minut
by Frani Bagawie - 0

Polindes ini perlu perhatian pemerintah.(foto:glen/smcom)
AIRMADIDI SMCOM--Pelayanan kesehatan berupa Poli Klinik Persalinan Desa (Polindes) di daerah kepulauan, seharusnya menjadi perhatian serius dari Pemkab Minut. Namun sayangnya, ketika sarana itu telah tersedia, namun sayangnya tenaga medis tidak tersedia. Seperti yang terlihat di Desa Wawunian Pulau Talise Kecamatan Likupang Barat dimana sudah memiliki Polindes, namun mubasir karena minimnya ketersediaan tenaga medis. Pasalnya, tenaga medis yang tersedia hanya 1 orang dan itupun tidak setiap hari melakukan pelayanan.

Kurangnya tenaga medis ini dibenarkan oleh salah satu warga Desa Wawunian, Almanasar yang meminta agar hal tersebut bisa menjadi perhatian serius dari Pemkab Minut melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut. "Bangunan ini sudah dibangun sejak pertengahan tahun kemarin, namun sampai saat ini pelayanan tidak maksimal," jelasnya kepada wartawan, Jumat 25 Mei 2018.

Menariknya, dikatakan Almanasar, pembangunan Polindes ini juga bermasalah. Sebab, buruh kasar yang membangun Polindes ini belum sepenuhnya dibayarkan 100%. "Pekerja bangunan ini juga belum dibayar penuh. Namun meskipun demikian, yang kami inginkan kiranya pemerintah bisa menyediakan tenaga medis di Polindes kami," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Wawunian lainnya pun membenarkan jika pembangunan Polindes ini mubasir. Padahal untuk mencari pelayanan kesehatan terdekat membutuhkan jarak tempu yang cukup jauh yakni Desa Airbanua Pulau Talise. "Jarak ke pelayanan kesehatan di Desa Airbanua sampai 3 kilogram dan itu jika ada tenaga kesehatan. Biasanya kami menggunakan perahu, tapi karena sering cuaca buruk sehingga harus berjalan kaki," katanya.

Kedua warga ini pun kembali mengharapkan kepada Pemkab Minut agar bisa memperhatikan pelayanan kesehatan kepada warga kepulauan.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment