Berita Terbaru

Tuesday, May 1, 2018

Luntungan Buka Pengelaran Seni & Budaya Wanua Sawangan
by Frani Bagawie - 0

Pengelaran seni dan budaya di Wanua Sawangan Kecamatan Airmadidi.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Dinas Pariwisata (Dispar) Minut, Selasa 1 Mei 2018, mengadakan pengelaran seni dan budaya di Wanua Sawangan Kecamatan Airmadidi. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dispar Minut Theodora Luntungan.

Dikatakan Luntungan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melestarikan budaya Minahasa yang ada di Sulut. Kegiatan Seni dan Budaya ini diisi dengan Katreli SD Inpres Sawangan, Kolintang dari Sangar Legacy Sawangan, Kabasaran dari Wanua Sawangan dan Kawasaran Wanua Tanggari. "Kami dari pemerintah daerah memberikan apreasi kepada Desa Sawangan yang sudah lakukan seni Budaya ini. Misi kami sebagai pemerintah Minut adalah memajukan pariwisata dengan terus sosialisasi dan pemeliharaan situs-situs budaya serta event-event budaya yang ada di Minut," kata Luntungan saat didampingi Panglima Besar (Pangbes) Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Jiimmy Malonda.

Luntungan juga berharap,  Desa Sawangan sebagai Desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan Nusantara maupun mancanegara, karena menjadi potensi pariwisata dan budayanya. Maka dari itu diajak kepada warga untuk terus menjaga keamanan waruga, seni dan budaya serta wisata arang arung jeram yang menjadi unggulan Kabupaten Minut. "Kami akan mempromosikan di setiap travel seni budaya Desa Sawangan ini, karena seni budaya ini diadakan setiap bulan," ujar Luntungan.

Sementara itu, ketua panitia pengelaran Seni dan budaya Welly Mantiri menjelaskan, kegiatan untuk pelestarian budaya adat Minahasa yang lebih khusus wanua Sawangan. "Program dari pemerintah Desa akan adakan setiap bulan. Untuk menarik wisatan lokal maupun Internasional untuk datang di Wanua Sawangan, "ungkap Mantiri.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment