Berita Terbaru

Wednesday, May 2, 2018

Kuhu Pimpin Upacara Hardiknas
by Frani Bagawie - 0

Sekda Minut saat bertindak sebagai Inspektur Upacara.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Pemkab Minut menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Rabu 2 Mei 2018 di lapangan upacara kantor Bupati. Upacara ini diikuti oleh para guru, Kepala Sekolah SD dan SMP, pengawas  serta para siswa SMP. Dalam kegiatan ini, Sekda Minut Ir Jemmy Hengki Kuhu MA atas nama Bupati Vonnie Aneke Panambunan (VAP) bertindak sebagai inspektur upacara. 

Dalam amanatnya, Kuhu membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi. Peringatan Hardiknas ini bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Pengibaran sang Saka Merah Putih oleh pasukan Paskibraka.(foto:ist)
"Menurut Menteri, sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. Sekaligus juga merefleksikan diri terhadap usaha-usaha yang telah dilakukan dibidang Pendidikan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional," jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya, disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang. "Sebagaimana diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jenderal UNESCO, yaitu Fransesco Bandarin, yang mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara adidaya (super power) kebudayaan," tukas Sekda menutup sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi.

Sejumlah kepala SKPD jajaran Pemkab Minut saat menghadiri upacara.(foto:ist)
Ikut hadir dalam upacara peringatan Hardiknas ini Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi Agus Tjahyo Mahendra SH MH, Kajari Minut yang diwakili oleh Kasi Intel Mursyidi SH MH, Ketua Dewan Minut Berty Kapojos S.Sos, Wakil Ketua Dewan Minut Drs Denny R Wowiling MSi, para Asisten Pemerintahan, Para Pejabat eselon II serta undangan lainnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment