Berita Terbaru

Thursday, May 24, 2018

Kuhu Akan Tertibkan Aset Pemkab Minut
by Frani Bagawie - 0

Jemmy Kuhu.
AIRMADIDI SMCOM--Masih banyaknya aset tanah milik pemerintah daerah yang belum bersertifikat, menjadi perhatian serius dari Pemkab Minut. Untuk penertiban aset akan dilakuka oleh Pemkab Minut. Hal itu dikatakan Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA pada wartawan, Kamis 24 Mei 2018. "Kita akan tertibkan aset-aset milik Pemkan Minut baik itu tidak bergerak maupun bergerak dengan melakukan pendataan atau inventarisir kembali," ujar Kuhu.

Penertiban aset ini juga sangat penting bagi Pemkab Minut dalam upaya mempertahan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut. Untuk itu, Pemkab Minut kedepan akan menggunakan aplikasi yang sesuai untuk aset pemerintah. "Kedepan harus ada aplikasi untuk aset dan itu akan kami lakukan," tambah Kuhu.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut, Robby Parengkuan SH mengatakan jika masih banyak tanah milik Pemkab Minut yang belum memiliki sertifikat dan itu sementara siapkan berkas penunjangnya untuk diserahkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut. Bahkan pada tahun kemarin, Pemkab Minut sudah mengusulkan 30 bidang tanah untuk dibuat sertifikat. Namun oleh BPN baru membuat 14 bidang tanah. Sementara pada tahun ini akan diusulkan 60 bidang tanah. Kendala yang dihadapi sekarang adalah dimana berkas penunjangnya belum lengkap. Contohnya tanah tersebut lagi bermasalah dengan ahli waris yang belum menandatangani dan permasalahan lainnya. "Saat ini kami sementara inventarisir lahan-lahan tersebut untuk dibuat sertifikat," jelas Parengkuan.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment