Berita Terbaru

Wednesday, May 30, 2018

Dispar Minut Sosialisasikan Potensi Wisata Minut
by Frani Bagawie - 0

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Balai Desa Dimembe Kecamatan Dimembe.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Guna menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Kabupaten Minut, maka Dinas Pariwisata (Dispar) Minut menggelar sosialisasi dan pelatihan kepariwisataan. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Dimembe Kecamatan Dimembe, Rabu 30 Mei 2018 ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama serta stekholder terkait.

Kepala Dispar Minut Theodora Luntungan menjelaskan, di Kecamatan Dimembe telah memiliki berbagai objek Wisata berupa Waruga dan juga ada air terjun. "Kita harus berikan daya tarik objek wisata budaya seperti seni tarian, seni Kolintang dan juga objek wisata waruga yang ada di Sawangan dan Kawangkoan. Karena Waruga tidak ada di daerah lain," kata Luntungan.

Luntungan mengatakan jika Pemprov Sulut, Pemkab Minut dan pemerintah pusat terus mengenjot pariwisata yang ada di Minut. Apalagi Minut memiliki objek wisata alam yaitu pantai Likupang dengan panjang 278 Km yang dikenal dengan pasir putih. "Kita dikelilingi laut yang indah ada juga objek wisata buatan seperti gunung Kaki Dian, Gunung Kekewang dan ada juga Rewaya Hils. Ada juga objek wisata arung jeram yang ada di Desa Sawangan," ujarnya.

Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Promosi Pariwisata Dispar Minut sekaligus Asesor Kompetensi Bidang Pariwisata Ferdy Tulong SSTPar menjelaskan tentang arti pariwisata dan juga masyarakat sangat penting dalam pelaksanaan pariwisata. "Kesadaran masyarakat lebih penting dalam menunjang pariwisata yang ada di Minut. Kita harus menjaga wisata dan jangan buang sampah sembarangan," pungkas Tulong.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Minut, Drs Fanny Kawatu mempaparkan bahwa Minut begitu banyak potensi terlebih khusus Pariwisata. Minut yang memiliki banyak pantai menjadi daya tarik investor untuk berinvestasi. Ini terlihat dari jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) di sektor pariwisata sebesar Rp140.687.547.550 dan jumlah Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berjumlah 5 perusahaan dengan investasi sebesar Rp50 miliar.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment