Berita Terbaru

Saturday, May 5, 2018

Disnaker Minut Tidak Lagi Urus Pengawasan TKA
by Frani Bagawie - 0

Pekerja asing di Minut harus mendapat pengawasan dari pemerintah.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Permasalahan banyaknya dugaan Tenaga Kerja Asing (TKA) illegal di Minut, perlu disikapi oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait. Sebab, terjadinya selisih data antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Minut, diduga dikarenakan kurangnya pengawasan langsung ke lapangan oleh Disnaker Sulut.

Plt Kepala Disnaker Minut, Petrus Macarau pun menanggapi jika pengawasan ini sudah tidak ditangani oleh pihaknya. Sebab, dengan adanya peraturan baru, pengawasan TKA ini langsung ditangani oleh Disnaker Sulut melalui UPTD Pengawasan. "Jika dulu kami ada bidang pengawasan untuk tenaga asing, tapi sekarang sudah ditarik ke Pemprov Sulut melalui Disnaker Sulut. Kami saat ini tugasnya hanya sebatas menghimbau dan mensosialisasikan kepada perusahaan yang akan menggunakan tenaga asing," ujar Macarau kepada wartawan, Kamis 3 Mei 2018.

Lanjut dikatakan Macarau, dalam pengurusan Ijin Menggunakan Tenaga kerja Asing atau IMTA, itu ada prosedur yang dilaksanakan oleh pekerja asing. Jika perusahan itu hanya memiliki satu usaha di daerah Minut, maka pekerja asing itu baru bisa mengurus IMTA di Disnaker Minut. Namun jika perusahaan tersebut memiliki dua perusahaan di daerah lain, maka pengurusan IMTA harus dilakukan di Kementerian terkait. "Kalau perusahaan itu memiliki 2 perusahaan di 2 provinsi seperti contohnya di Minut dan Bali, maka pengurusan ijin bekerja dilakukan di Kementrian Tenaga Kerja," tambahnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment