Berita Terbaru

Wednesday, May 16, 2018

Banyak Aset Tanah Pemkab Minut Tidak Miliki Sertifikat
by Frani Bagawie - 0

Robby Parengkuan.
AIRMADIDI SMCOM--Sejak dimekarkannya Kabupaten Minut dari Minahasa pada 13 tahun silam, ternyata permasalahan akan aset tanah belum juga tuntas. Ini dibuktikan masih banyak tanah milik Pemkab Minut yang belum juga memiliki sertifikat tanah. Hal itu dibenarkan Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut, Robby Parengkuan SH kepada wartawan, Rabu 16 Mei 2018. "Memang masih banyak tanah milik Pemkab Minut belum memiliki sertifikat dan itu sementara kami siapkan berkas penunjangnya untuk diserahkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut," jelas Parengkuan yang tidak bisa merincikan jumlah lahan yang belum memiliki sertifikat.

Dijelaskan Parengkuan, jika pada tahun kemarin, Pemkab Minut sudah mengusulkan 30 bidang tanah untuk dibuat sertifikat. Namun oleh BPN baru membuat 14 bidang tanah. Sementara pada tahun ini akan diusulkan 60 bidang tanah. "Kendala yang dihadapi sekarang adalah dimana berkas penunjangnya belum lengkap. Contohnya tanah tersebut lagi bermasalah dengan ahli waris yang belum menandatangani dan permasalahan lainnya. Saat ini kami sementara inventarisir lahan-lahan tersebut untuk dibuat sertifikat," jelas Parengkuan.

Sejak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa, Pemkab Minut telah mendapatkan tanah hibah dari Pemkab Minahasa sebanyak 40 bidang tanah. Semua tanah tersebut sudah dibalik nama untuk Pemkab Minut. "Tanah yang diserahkan itu berupa kantor pemerintahan berupa balai desa, kantor hukum tua dan juga sekolah. Semuanya sudah memiliki sertifikat tanah," tambah Parengkuan.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment