Berita Terbaru

Friday, May 18, 2018

Bahoi Dipilih Dispar Sulut Jadi Desa Ekowisata di Minut
by Frani Bagawie - 0

Kumtua Bahoi Daud Dalore.
AIRMADIDI SMCOM--Ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Bahoi Kecamatan Likupang Barat. Pasalnya, Bahoi menjadi satu-satunya desa yang ditunjuk di Kabupaten Minut menjadi Desa Ekowisata. "Bahkan ini sudah dilakukan pertemuan dan juga penetapan sebagai Desa Ekowisata pada 8 Mei lalu dimana dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Sulut dan dihadiri langsung oleh Kadis Pariwisata bapak Daniel Wewengkang," jelas Hukum Tua Desa Bahoi, Daud Dalero kepada wartawan, Jumat 17 Mei 2018.

Dikatakan Dalero, dari hasil pertemuan ini serta dengan ditunjuk sebagai Desa Ekowisata, maka Desa Bahoi mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan pertemuan antar Desa Ekowisata se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 Mei mendatang di Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Dalam pertemuan ini akan dibicarakan soal pengembangan dan peninjauan lokasi tentang desa ekowisata. Dipilih desa ini karena ada beberapa kriteria berupa banyaknya spot atau lokasi wisata, aktifitas warga yang bersentuhan langsung dengan pariwisata dan masih banyak lainnya. "Spot diving disini ada 8 titik, objek wisata bukit Aduhai dan banyaknya pemberitaan di media massa soal pariwisata serta lokasi manggrove yang akan menjadi lokasi wisata pendidikan juga menjadi salah satu penilaian dari Dispar Sulut," jelas Dalero.

Hanya saja, kata Dalore, pengembangan objek wisata masih akan dilakukan pemerintah desa. Sebab masih banyak objek wisata yang masih perlu dibenahi sarana dan prasaran infrastruktur. "Kita akan lakukan perbaikan dan pembangunan sesuai dengan anggaran yang ada," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan pun menyambut baik dengan ditetapkan Bahoi sebagai satu-satunya Desa Ekowisata di Minut. "Kami sangat mendukung Bahoi sebagai Desa Ekowisata. Kami juga akan rencanakan mendampingi utusan Desa Bahoi dalam kegiatan di Desa Cibuntu," tambah Luntungan.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment