Berita Terbaru

Wednesday, May 16, 2018

Aksi 1000 lilin dari Porodisa untuk Indonesia
by fadjrin haryanto - 0

Umat muslim talaud turut serta dalam aksi 1000 lilin untuk surabaya.(foto: ist)


MELONGUANE, SMCOM - Forum Persaudaraan Masyarakat Talaud untuk Indonesia (Forum Permata untuk NKRI), menggelar aksi Seribu lilin dengan tema 'Pray for Surabaya Spirit for Indonesia," di Monumen Yesus Memberkati, Rabu (16/5) malam tadi.

Plt Bupati Petrus Simon Tuange, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Kapolres AKBP M Denny I Situmorang, Danlanal Letkol (Mar) Augustinus Purba dan Kasie Pidum Kejari Kepulauan Talaud Bobby Selang serta sekitar seribuan warga, memadati lokasi aksi.

Deklarasi yang dibacakan dalam bentuk puisi oleh Indah Talumedun, kemudian diikuti Doa untuk bangsa yang di mulai dengan doa adat oleh tokoh adat Melonguane Ramly Adam, mewakili kaum Nasrani Sekretaris Sinode GERMITA Pdt Richard Sasauw, Pdt Lampah dan Fr Revel Pangalila dan ditutup oleh pemimpin umat muslim Haji Haryanto Paneo Spd, yang semua doa meminta kekuatan dan perlindungan Yang Kuasa untuk NKRI dan kehidupan antar umat beragama yang rukun dan damai.

"Saya memberi penghargaan dan apresiasi yang setingginya kepada semua pengagas dan pelaksan yang tergabung dalam Forum Permata untuk NKRI. 


Deklarasi lawan terorisme dari Talaud.(foto: ist)



Dari Tanah Porodisa kita berduka untuk Surabaya dan semua korbam terorisme, dari Tanah Porodisa kita serukan ayo bangkit dan lawan radikalisme, terorisme dan anarkisme di Indonesia," ujar Tuange saat di wawancarai.

Sementara Koordinator aksi Jon Mangamba menegaskan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas, ungkapan duka sekaligus motivasi dari Tapal Batas Utara NKRI kepada seluruh anak bangsa,untuk jangan takut dan bangkit melawan terorisme.

"Jangan takut,karena kita kuat. Dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, BhinekaTunggal Ika dan NKRI, bersatu kita bangkit dan lawan aksi yang berupaya memecah belah persaudaraan bangsa ini. Ayo bangkit dan lawan radikalisme dan terorisme," ucap Mangamba.

Aksi kemudian ditutup dengan penyalaan seribu lilin yang diiringi dengan nyanyian lagu Gugur bunga oleh semua yang hadir.
Aksi ini mendapat pengawalan penuh dari Polres, Lanal dan Kodim 1312/Talaud, sejak dimulai hingga kaum muslim menuju masjid untuk bersholat taraweh.(mg)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment