Berita Terbaru

Tuesday, May 29, 2018

60 Desa di Bolmong Cair Dandes
by fadjrin haryanto - 0




LOLAK, SMCOM - Dari 200 desa di Kabupaten Bolmong, baru 60 desa menerima Dana Desa (Dandes) tahap satu.  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii mengatakan, selain 60 desa yang melakukan pencairan, ada 10 desa juga sedang dalam proses verfikasi dokumen pencairan."Sisanya, masih 130 desa. Kemungkinan akan menerima Dandes pada Juni nanti," ungkapnya. 

Menurut dia, untuk 130 desa yang belum cair, saat ini masih dalam tahapan proses verifikasi berkas persyaratan yang harus dipenuhi masing-masing Desa. “Bagi desa yang sudah menggunakan Dandes untuk tahap satu, jika sudah selesai bisa mengajukan proses pencairan tahap dua,” katanya.

"Realisasi pekerjaan dan laporan pertanggung jawaban sudah harus dirampungkan untuk diajukan pada proses pencairan Dandes tahap dua. Bagi desa yang sudah melakukan itu, bisa segera mengajukannya," tambahnya. 

Dia menjelaskan, untuk Bolmong proses pencairannya agak terlambat. Sebab berbeda dengan daerah lain. Jika sebelumnya hanya mengajukan Surat Petanggung Jawaban (SPJ) penggunaan Dandes sebelumnya, dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), maka mulai tahun ini Bolmong memberlakukan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). "Otomasti desa-desa harus melakukan penginputan Siskeudes. Sebab, aplikasi Siskeudes ini memuat tentang perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) hingga APBDes," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dien Novita Thalib menambahkan, pihaknya juga telah mengundang desa-desa secara bergilir untuk dilakukan pendampingan penginputan Siskeudes."Pendampingan kami lakukan agar bisa membantu desa segera menginput data, agar secepatnya desa itu bisa menerima Dandes," jelasnya. 

Terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Fico Mokodompit menyampaikan, aplikasi Siskeudes memuat tentang perencanaan RKPDes hingga APBDes. Selain menyusun perencanaan kata Fico, aplikasi Siskeudes juga dapat melakukan proses pengajuan pencairan Dandes  dan Alokasi Dana Desa (ADD)."Semuanya sudah berbasis aplikasi. Aplikasi ini dapat memudahkan dalam melakukan pengawasan pembangunan. Sebab, aplikasi Siskeudes ini telah terintegrasi dengan pemerintah daerah," tutupnya.(mg3)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment