Berita Terbaru

Friday, May 11, 2018

15 Kabupaten/Kota di Sulut Terima Dana Hibah Dari Pemprov
by Frani Bagawie - 0

Penyerahan dana hibah oleh Gubernur kepada 15 pemerintah kabupaten/kota.(foto:ist)
MANADO SMCOM--Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan Dana Hibah berupa Bantuan Keuangan Khusus kepada 15 Kabupaten dan Kota se Sulut. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Ruang CJ. Rantung Kantor Gubernur pada Jumat 11 Mei 2018. 

Daftar penerima hibah dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ini telah ditata pada APBD Pemprov Sulut dan telah ditetapkan pencanangannya dalam Peraturan Gubernur Nomor 2 Tahun 2018 meliputi BKK Bidang Kesehatan sebesar Rp15.500.000.000 diserahkan kepada Kota Kotamobagu dan BKK Bidang Infrastruktur Olahraga sebesar Rp29.500.000.000 yang penyerahannya terbagi kepada Kota Manado Rp10.000.000.000, Kabupaten Minahasa Rp5.000.000.000, Kota Bitung Rp2.500.000.000, dan masing-masing sebesar Rp1.000.000.000 untuk Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minsel, dan Kabupaten Bolsel. 

Dalam arahan dan sambutannya, Gubernur menyampaikan permohonan maaf karena nominal bantuan yang diberikan tidak sama antara satu kabupaten/kota dengan yang lainnya. Ia menjelaskan hal ini disebabkan oleh karena skala prioritas yang berbeda pula. "Saya mohon maaf karena dana hibah ini tidak bisa merata. Ada yang terima satu milyar ada yang lima belas setengah milyar, ada yang dua setengah milyar. Menyangkut Kota Kotamobagu memang dalam dua tahun terakhir Pemprov mensupport penuh dalam kegiatan pengembangan rumah sakitnya. Tidak mungkin kita bangun rumah sakit besar bersamaan di semua tempat. Karena kita fokus pada regional dulu. Bangun di Bolaang Mongondow Raya misalnya, bangunan bisa kita buat dan isinya bisa kita beli namun yang mengoperasikan peralatan medis tidak ada, akan percuma. Jadi saya kira itu yang harus kita pahami bersama, supaya apa yang sudah kita bangun dapat langsung dimanfaatkan bagi kita semua" jelas Gubernur. 

Diketahui RSUD Kotamobagu akan menjadi rumah sakit rujukan untuk masyarakat yang ada di Bolmong Raya, Minsel, serta Mitra. Dari data yang didapat tercatat 140 lebih warga Bolmong meninggal dijalan oleh karena jarak tempuh ke RSUD Provinsi di Malalayang Manado terbilang jauh. 

Sedangkan BKK Bidang Infrastruktur Olahraga digelontorkan berdasar keinginan Pemprov untuk menggiatkan kembali pekan olahraga yang ada di Provinsi Sulut, menumbuhkan bibit-bibit atlet berprestasi, dan sebagai persiapan PON Papua mendatang. Selain itu fasilitas olahraga yang dibangun diharapkan dapat menjadi penunjang even-even besar yang diadakan, menunjang kepariwisataan dan terutama menjadi wadah interaksi antar masyarakat. "Selain membangun infrastruktur secara keseluruhan kita jangan lupa membangun mental, membangun interaksi karena sarana prasarana yang dibangun itu tempat terjadinya komunikasi antar masyarakat sehingga menghindarkan sikap individualis dalam masyarakat kita," pesan Gubernur.

Mengakhiri sambutannya Olly mengarahkan kepada daerah yang belum memiliki fasilitas agar dana yang diterima saat ini bisa digunakan untuk persiapan terlebih dahulu. "Bikin perencanaan, siapkan lahannya kita sharing sama-sama, kita support, nanti tahun depan kita bangun. Supaya kedepan pembangunan sarana prasarana olahraga dapat terbangun secara merata di Provinsi Sulawesi Utara ini," pungkas Gubernur. 

Turut hadir dalam acara Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, Kepala BPKAD Provinsi Gammy Kawatu serta para Bupati dan Walikota penerima dana hibah.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment