Berita Terbaru

Saturday, April 7, 2018

Wabup Irup TMMD Ke -101 Tahun 2018 di Bolsel
by fadjrin haryanto - 0

Wabup Iskandar Kamaru S Pt Bersama Para Undangan


BOLSEL, SMCOM - Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S Pt bertindak sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 101 Kodim 1303 Bolaang Mongondow tahun 2018 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (04/04/2018). Kedatangan Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S Pt, bersama Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan S.I.P, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri S.IP, M Si bersama rombongan dilokasi upacara, dijemput dengan tarian adat daerah Bolsel.

Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wabup Iskandar Kamaru S Pt menyampaikan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dicanangkan sejak tahun 1980, pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat.

“Hakekat pelaksanaan kegiatan TMMD merupakan bagian dari upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat, yang tujuannya membantu masyarakat membangun desanya yang lebih dari sebelumnya, TMMD juga merupakan bukti kepedulian segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat yang dalam kiprahnya selalu mengabdikan diri pada kepentingan rakyat,” tutur Kamaru.

Lanjut dikatakan Wabup bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral, dimana pada pelaksanaan kegiatan ini Pemkab Bolsel telah membuktikan dukungannya terhadap program ini. “Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang tujuannya mempercepat  penanggulangan kemiskinan, yang sesuai dengan program nawacita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dan Pemkab Bolsel sangat mendukung kegiatan ini dengan mengalokasikan anggaran melalui APBD Bolsel tahun 2018, selain itu program ini sangat selaras dengan visi misi daerah ini dan program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yakni Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), sebagai prajurit tidak hanya mengawal profesional dalam mengawal  NKRI, akan tetapi juga mengabdikan diri dalam percepatan pembangunan infrastruktur khususnya di daerah Bolsel yang masih banyak membutuhkan sarana jalan dan akses ekonomi masyarakat,”jelas Wabup dalam amanat Irup yang dibawakannya.
Sementara itu, Komandan Distrik Militer 1303 Bolaang Mongondow Letkol (Inf) Sigit Dwi Cahyono dalam laporan kesiapan TMMD yang disampaikannya mengatakan tentang berbagai program yang dilakukan pada kegiatan TMMD muai 4 April hingga 5 Mei 2018 mendatang. “Mulai 4 April hingga 5 Mei mendatang kegiatan utamanya antara lain pembuatan jalan baru sepanjang 1 kilometer dengan lebar 8 meter yang menghubungkan dusun I dan dusun II Desa Pakuku Jaya Kecamatan Tomini,  Selain kegiatan fisik akan dilakukan juga kegiatan non fisik melalui penyuluhan, soal pencegahan radikalisme, kerukunan antar umar beragama, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penanggulangan bencana, bahaya narkoba, bela negara, hukum dan Kamtibmas, pemutaran film perjuangan, kesehatan dan KB, kehutanan dan kampanye masuk prajurit TNI AD,” ujar Sigit.
Upacara pembukaan kegiatan TMMD yang digelar di Lapangan Desa Milangodaa Kecamatan Tomini, tahun ini mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa” yang di ikuti sekitar 1000 orang. Bertindak sebagai Komandan Upacara pada kesempatan itu yakni Kasdim 1303 Bolaang Mongondow Mayor (Inf) Lucky Sonny Maramis, dan Danramil 1303-07/Dumoga Kapten Inf Jani.J. Mamangkey sebagai Perwira Upacara.

Seusai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan kegiatan TMMD ke -101 Tahun 2018 antara Pemkab Bolsel dan Kodim 1303 Bolaang Mongondow yang disaksikan langsung Kasdam XIII/Merdeka.
Pada kesempatan itu, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan S.I.P menyerahkan bantuan peralatan secara simbolis kepada sejumlah warga, dilanjutkan dengan penyerahan sarana sembako sargal oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri S.IP, M Si, kemudian bersama Wabup Bolsel dan rombongan, melakukan pemantauan ke  lokasi digelarnya pelayanan kesehatan gratis, pelayanan KB, hingga lokasi TMMD di Desa Pakuku Jaya.(mg3)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment