Berita Terbaru

Monday, April 30, 2018

PT Wika Lecehkan Kunjungan Komisi V DPR RI
by Frani Bagawie - 0

Kunjungan kerja Komisi V DPR RI di lokasi ambruknya Overpass Jalan Tol Manado-Bitung.(foto:glen/smcom)
AIRMADIDI SMCOM--Sorotan tajam kembali dialamatkan ke PT Wijaya Karya (Wika) yang menjadi perusahaan BUMN mengelolah pembangunan jalan Tol Manado-Bitung oleh Komisi V DPR RI. Pasalnya, dalam kunjungan kerja Komisi yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di proyek overpass jalan Tol Manado-Bitung yang merenggut 2 korban jiwa itu, merasa dilecehkan oleh managemen perusahaan.

Sebab, dalam kunjungan itu tidak diterima oleh pimpinan perusahaan, namun hanya dari pihak Engineering perusahaan. Padahal kedatangan rombongan Komisi V ini untuk melihat sejauh mana proyek jalan tol itu sekaligus mempertanyakan tentang musibah ambruknya overpass jalan tersebut yang berada di Desa Tumaluntung Minut. "Mana direktur perusahaan PT Wika? Kenapa hanya pihak Engineering yang menerima kami? Proyek ini tidak safety atau tak ada keselamatan karena sudah menewaskan 2 pekerja," ujar Ketua Komisi V DPR RI, Ir Farry Djemmy Francis MMA saat melakukan peninjauan proyek jalan tol Manado-Bitung, Senin 30 April 2018.

Menurutnya, pihak PT Wika sudah beberapa kali melakukan pekerjaan secara ceroboh sehingga ada beberapa proyek yang ditangani perusahaan itu ambruk. "Ini akan menjadi perhatian kami dari Komisi V dan akan disampaikan ke Kementrian Pekerjaan Umum," tambahnya.

Pernyataan senada juga dilontarkan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir H Sigit Sosiantomo yang menilai pekerjaa  tersebut tidak mengutamakan unsur keselamatan bagi pekerja. Bahkan dirinya menyalahkan pengawas lapangan yang lalai melakukan pengawasan sehingga proyek overpass jalan tol itu bisa ambruk. "Alasan pengawas itu tidak masuk akal. Mana mungkin sementara melakukan pengecoran dibagian atas dan dibawah jembatan tidak diperhatikan kalau ada orang apa tidak. Ini namanya ceroboh," tandasnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Komisi V DPR RI ditemani oleh sejumlah pihak terkait dari Pemprov Sulut dan Pemkab Minut.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment