Berita Terbaru

Saturday, March 31, 2018

Wabup Hadiri HUT Desa Treman ke-333
by Frani Bagawie - 0

Pelepasan balon HUT Desa Treman.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Desa Treman Kecamatan Kauditan, Sabtu 31 Maret 2018 memperingati HUT yang ke-333 tahun. Dalam kegiatan HUT ini diberikan gelar kepada masyarakat Treman yang sudah berikan prestasi dan membawa nama baik Desa Treman.

Dalam ibadah syukuran yang dipimpin oleh Khadim Pdt Dr Hein Arina ini mengambil pembacaan dalam Kitab Perjanjian Lama Yeremia 17:7-8. "Dalam satu komunitas, itu tidak lepas kekristenan tradisional tidak dari Suku Minahasa. Saya senang tradisi masih kental di Desa Treman," ujar Arina.

Wabup saat menerima penghargaan.(foto:ist)
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulut mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam kesempatan itu mengucapkan selamat HUT Desa Treman yang ke 333 tahun. "Ikatkan tali persaudaraan seluruh masyarakat Desa Treman. Bahwa Desa Treman Kecamatan Kauditan sebagai tempat strategis dari jalan tol dan jalur rel kereta api," tutur Moniaga.

Sementara itu, Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong selaku Ketua Panitia HUT Desa Treman mengucapkan terima kasih kepada Walikota Bitung Max Lomban dan Sekkot Bitung Audi Pangemanan atas kehadirannya dan sudah membantu memeriahkan ibadah syukuran desa itu. "Tema Rondoren Wo  Wangunen Um Banua kita harus bekerja keras. Kegiatan ini sejak tanggal 18 Februari 2018 dengan acara jalan sehat, lomba lari dan donor darah," ungkap Lengkong yang dinobatkan warga Treman Tunduan Wadian TareUman.

Perayaan HUT Desa Treman.(foto:ist)
Wabup juga mengatakan jika dalam HUT Desa Treman ini turut juga dimeriahkan oleh warga Treman yang berada dari Jabodetabek sebanyak 30 orang, dari Australia 3 orang,  Eropa 2 orang, Amerika 2 orang, Kalimantan 2 orang dan dari Papua 2 orang. "Kita adakan konsultasi hukum bagi masyarakat Treman bermasalah tentang hukum lebih khusus masalah tanah. Orang Treman banyak di Bitung dan banyak tanah di Bitung, dan kampung ini adalah kampung Tua dan akan bikin cagar budaya karena Desa Treman banyak situs budaya seperti Waruga," ujar Lengkong.

Disamping itu, Walikota Bitung Drs Max Lomban dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tonsea yang sudah mengundangnya dan mempercayakan masyarakat Desa Treman. "Saya senang sekali masih ada Desa yang masih kental dengan kebudayaannya. Saya berpikir Desa Treman adalah Desa punya Intelenjensia yang banyak Jenderal dan banyak orang sukses," tutur Lomban.

Hukum Tua Desa Treman, Bernadus Benny Dumanauw dalam kesempatan tersebut membacakan batas-batas wilayah Desa Treman yaitu luas wilayah 1447 hektar, ladang 127 hektar dan luas wilayah Desa Treman 147 hektar. "Kita meningkatkan prasana dan prasana, meningkatkan hasil produkis pertenakan, kebudayaan, kesehatan dan meningkatkan masyarakat miskin," ucap Dumanauw.

Turut hadir dalam HUT Treman, mewakil Gubernur Sulut yakni Kadis Ketahanan Pangan Sulut Ir Sandra Moniaga, Walikota Bitung Max Lomban, Sekertaris Kota Bitung Audi Pangemanan, Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong, Asisten 1 Pemkab Minut Allan Mingkid, Camat Kauditan, Hukum Tua, Mantan Hukum Tua, dan seluruh Masyarakat Treman yang ada dari seluruh pelosok dunia.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment