Berita Terbaru

Wednesday, March 14, 2018

Tim Yankes Bolmong Rela Lewati Medan Ekstrim
by fadjrin haryanto - 0

foto: ist



BOLMONG, SMCOM – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus tingkatkan pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa terisolir. Kepala Dinkes Bolmong, Dr Sahara Albugis, melalui Ketua Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dr Michael Karokaro, mengatakan kunjungan Tim Yankes ini bertujuan untuk peningkatan kesehatan masyarakat bolmong.

“Ini merupakan salah satu program kami untuk peningkatan kesehatan. Selain pelayanan di puskesmas dan rumah sakit, kami pun fokus mengunjungi desa-desa terpencil,” ujarnya, Rabu (14/3). Untuk target program ini kata Karokaro, pihaknya melakukan kunjungan le lima desa yang dianggap terisolir. “Ada lima desa yang kami kunjungi. Dimulai pada 27 Februari lalu di desa Mengkang, selanjutnya Kanaan, Ikarat, Kolingangan, dan terakhir hari Selasa 13 Maret di Pomoman,” kata Karo-karo.

Ditambahkan, saat dirinya bersama tim mengunjungi desa-desa tersebut, mereka harus melewati medan yang ekstrim dan berbahaya. “Akses menuju ke semua desa penuh tantangan. Saya dan tim mesti lewat jalan rusak serta sungai. Kunjungan ke desa Kolingangan dan Pomoman yang paling ekstrim dan penuh tantangan karena tim kesehatan harus berjalan kaki disebabkan ada tanah longsor. Namun itu tidak menghalangi niat kami untuk bertemu dengan warga,” ungkapnya.

Saat tim Yankes Bolmong memeriksa kesehatan pada masyarakat ditemukan banyak pasien yang harus memiliki kartu kronis. “Kami menemukan banyak pasien yang harus memiliki kartu Kronis yang pembuatannya harus ke pihak BPJS. Selain itu, ditemukan pasien kusta yang sudah mulai mengalami kecacatan. Mirisnya, pasien ini suami istri,”ungkapnya.


foto: ist


Namun, dengan datangnya tim Yankes ini, kedua pasien tersebut sudah diobati dan dianjurkan untuk berobat secara teratur. “Pengobatan awal pada kedua pasien kusta tersebut sudah dilakukan. Setelahnya mereka kami anjurkan untuk berobat secara teratur,”ucapnya. Dirinya pun mengapresiasi pihak pemerintah desa dan masyarakat yang dinilai sangat mendukung program ini.

“Masyarakat sangat antusias saat kami berkunjung. Apa yang kami lakukan ini guna mendukung dan menyukseskan program pemerintah daerah menuju Bolmong Sehat dan Hebat kedepan,”tutupnya. Sementara itu, salah satu masyarakat di desa Pomoman berharap agar program ini bisa terus dilaksanakan.

“Apresiasi buat pemerintah daerah Bolmong, khususnya Dinas Kesehatan yang sudah mengunjungi kami. Semoga bisa terus dilakukan secara rutin,”singkat warga yang turut berobat yang namanya enggan dipublikasikan. Diketahui, dalam waktu dekat ini pihak Dinkes Bolmong juga akan menggelar sunatan massal di 15 Kecamatan.(yun)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment