Berita Terbaru

Monday, March 5, 2018

Tahun Ini, Anggaran Dandes di Bolmong Alami Penurunan
by fadjrin haryanto - 0

(foto; ist)



BOLMONG, SMCOM - Anggaran Dana Desa (Dandes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2018 mengalami penurunan, hal ini disebabkan pada tahun 2017 lalu 200 Desa di Bolmong dianggap berhasil.

“Tahun lalu kami dianggap berhasil. Maka tahun 2018 ini terjadi penurunan,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Bolmong Dien Novita Thalib belum lama ini. Ditambahkan, tahun ini ada perubahan pembagian karena ada pertimbangan bagi desa afirmasi atau desa miskin.

“Pembagiannya tidak seperti tahun kemarin. Saat ini ada 6 desa yang tergolong miskin dan menjadi prioritas,”tambahnya. Dilanjutkan, jika Dandes tahun lalu hanya dua tahap, maka di tahun ini akan 
dibagi menjadi tiga tahap. 

“Menurut Permendes, pencairan Dandes tahap satu 20 persen, yang pencairannya dari bulan Januari hingga Juni. Sedangkan tahap dua 40 persen dari Maret sampai Juni, batas akhir pencairan dandes tahap satu dan dua sama, yaitu sampai Juni,”tuturnya.

Dijelaskan, anggaran Dandes tahun 2017 sekitar Rp152 miliar, sedangkan tahun ini Rp141 miliar. Karena memang ada penurunan. “Diturunkannya anggaran tahun ini karena Bolmong dinilai berhasil pada tahun lalu. Dari dinas sudah memberikan surat ke desa-desa melalui kecamatan untuk  laporan realisasi dandes tahap dua,” tutupnya.(yun)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment