Berita Terbaru

Thursday, March 8, 2018

PT Delta Hanya Mampu Bayar 15 Persen Pesangon Buruh
by wepe - 0



Surat dari PT Delta Ke SPSI RTMM


Bitung—Perseteruan antara karyawan dan pihak Management PT Delta Pasific rupanya masih akan terus berlanjut. Bagaimana tidak, dalam pembicaraan bi partit antara kuasa hukum PT Delta dan pihak perwakilan buruh yang dilakukan (8/3) sore tadi di Riverside Resto n Pub tidak terjadi kesepakatan.


Hal ini diungkapkan oleh pimpinan SPSI RTMM Petrus Sidangoli saat dikonfirmasi wartawan media dalam jaringan ini. “Pembicaraan Bi Partit telah dilakukan namun pihak perusahaan hanya mau membayar sebesar 15 persen dan jelas ini tidak ada diaturan soal pesangon karyawan,” ungkap Sidangoli sembari mengatakan jika hanya pembayaran 15 persen namanya bukan pesangon namun itu uang penghargaan.
Tak hanya itu dengan keputusan 15 persen pembayaran berarti pegawai yang bekerja dibawah 2 tahun tidak akan menerima dana tersebut. “Jika hanya 15 persen otomatis ada sekitar 180 an karyawan yang tidak akan terbayar,” katanya.
Pimpinan SBSI kota Bitung dan pihak SBSI PT Delta saat bi partit tersebut jelas menolak permintaan  perusahaan. “Tapi tentu, ini akan kami rapatkan besok. Dan jika ini terus terjadi maka posisi kami sebagai mediator selama ini akan sulit karena ancaman-ancaman lain akan timbul dan saya sudah tidak akan bertanggungjawab lagi jika ada anggota kami melakukan hal-hal yang tidak perdulu,” ungkap Sidangoli seraya menunjukan surat dari PT Delta yang ditanda tangani oleh Eljasa Bahalwan sebagai direktur.
Dalam surat tersebut dijelaskan jika pegawai yang di PHK  oleh PT Delta sebanyak 549 Orang terdiri dari
99 Orang kembali masuk kerja
Sisa 450 Orang ter PHK
263 Orang Karyawan Tetap dan 187 Orang Karyawan Kontrak

Sidangoli pun menyangkan jika aturan 15 persen ini yang diambil akan sangat tidak adil yang didapatkan karyawan. “Mereka tidak melakukan pelanggaran berat, karena aksi mogok yang dilakukan diperkenankan undang-undang,” ungkapnya seraya membandingkan jika harusnya karyawan yang sudah bekerja di perusahan sekitar 9 sampai 10 tahun harus mendapatkan dana sebear 60 sampai 65 juta per orang. Namun jika hanya 15 persen maka hanya sekitar 5 sampai 7 juta dana yang didapatkan.
                       
Sementara itu, Kuasa Hukum dari PT Delta Pasific Indotuna Nurweya saat dikonfirmasi mengaku jika apa yang dilakukan pihaknya dengan membayar 15 persen. “Ini sudah kami kaji melalui aturan yang berlaku apalagi ada yang melakukan pelanggaran berat dalam hal ini,” jelasnya.
Dan untuk 15 persen ini yang berhak mendapatkannya hanyalah karyawan tetap, untuk 187 karyawan kontrak tidak berhak. “Ini pendapat kami, sesuai aturan jika tidak mendapatkan kesepakatan maka silahkan kita berposes sampai tri partit dank e pengadilan hubungan Industrial,” jelasnya (wepe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment