Berita Terbaru

Thursday, March 8, 2018

Pohon Kelapa di Minut Terancam Punah
by wepe - 0


Minut Marak Penebangan Pohon Kelapa Masih Produktif


AIRMADIDI SMCOM--Tingginya permintaan akan bahan bangunan serta adanya alih fungsi lahan, membuat banyak petani dan pihak developer mulai melakukan penebangan pohon kelapa yang masih produktif di Kabupaten Minut.
Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Pertanian Minut, Ir Jan Sinaulan kepada wartawan, Kamis 8 Maret 2018. "Minut sudah menjadi daerah yang berkembang sehingga alih fungsi lahan dari pertanian ke pemukiman mulai terjadi dan itu berdampak pada penebangan pohon kelapa yang masih produktif," ujar Sinaulan.

Dirinya pun menyayangkan adanya penebangan tersebut. Sebab hal ini tidak pernah diatur dalam aturan yang berlaku sehingga petani dan pengembang perumahan bisa menebang pohon yang masih produktif. "Memang sudah ada peraturan dari mantan Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang, namun itu tidak terlalu efektif. Kini semuanya tinggal kesadaran petani," jelas Sinaulan.

Padahal, ditambahkan Sinaulan, potensi pohon kelapa ini bisa menghasilkan berbagai produk jadi yang memiliki nilai jual tinggi ketimbang hanya dijual dalam bentuk produk mentah. "Produk turunan kelapa ini banyak sekali dan itu bisa di ekspor ke luar negeri sehingga memiliki nilai jual tinggi. Namun untuk pembuatan produk jadi ini, sebaiknya menggunakan kelapa yang sudah tidak produktif," katanya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment