Berita Terbaru

Sunday, March 4, 2018

Cap Go Meh Tontonkan Kerukunan 6 Agama Bitung
by wepe - 0




Bitung—Prosesi Cap Go Meh yang dilaksanakan pada Jumat (02/03) kemarin menjadi tanda betapa rukunnya masyarakat kota Bitung. Hal itu terlihat dari rombongan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi rombongan pembuka dari prosesi ini. 

Rombongan 6 agama ini, Protestan, Katolik, Muslim, Hindu, Budha  dan Khonghuchu terlihat saling senyum bangga berada dalam satu barisan.

Walikota Bitung Max J Lomban kepada wartawan mengakatan jika dirinya sangat bangga dan ini menjadi tanda jika kota Bitung memang di berkati lewat semua pemeluk agama yang ada. “Buktinya pada kepercayaan umat Khonghuchu ini, setiap tahunnya diijinkan dan dapat dilaksanakan Cap Go Meh di Bitung,” ungkap Lomban.

Walikota ke dua, pilihan warga Bitung ini menjelaskan jika perayaan ini sebenarnya bukan hanya seremonial dari warga Khonghucu saja, namum menjadi ajang ajakan untuk kita bersama bisa membangun kota Bitung tanpa memandang Agama, suku dan Budaya.

“Memang selain menjadi salah satu agenda pariwisata, tapi pergelaran ini juga merupakan ajang pemersatu warga kota Bitung. Buktinya ada orang Minahasa, orang Jawa, sangihe  yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Bukan hanya milik warga keturunan saja,” kata Lomban.

Soal, banyaknya turis mancanegara yang hadir dikatakan Lomban sebagai salah satu ukuran jika promosi wisata Bitung sudah kelihatan. “Ada sekitar 30 an turis yang menonton. Dari Amerika, Eropa bahkan Cina dan Australia menonton prosesi ini,”  jelas Lomban bangga.(wepe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment