Berita Terbaru

Friday, March 2, 2018

Bitung Marak Tambang Liar, ESDM Sulut “Tidur"
by wepe - 0



Ketua GMBI Bitung Janny M.M


Bitung—Maraknya tambang liar di Kota Bitung, rupanya tak dilirik oleh dinas ESDM Provinsi sebagai satu pelanggaran. 
Hal ini diungkapkan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) saat menjumpai  wartawan. 


“Ini persoalan saat instansi pemerintah kota Bitung menolak bertanggung jawab karena ranah pengawasannya ada di Dinas ESDM Provinsi, Ironisnya kepala dinas ESDM Provinsi malah Tidur nyanyak seolah tak terjadi apa-apa di Bitung,” ungkap Ketua GMBI Janny Mandagi dan Sekretaris Neldy Kalangi.

Keduanya minta kepada Gubernur Olly Dondokambey untuk dapat menganti pejabat yang tidak ada kepedulian seperti ini. “Kami sudah membicarakan dengan pimpinan GMBI Provinsi untuk dapat bertatap muka dengan Gubernur dan meminta memikirkan kembali jabatan Kadis ESDM yang sepertinya kehilangan arah menindak galian C liar di Bitung,” ungkapnya.

Kedua Orang ini mengaku, kalau persoalan ini sudah diketahui oleh pihak ESDM Provinsi, namun tetap saja sepertinya organisasi pemerintah ini tidur. “Jangan hanya tambang emas yang dikunjungi, sementara tambang liar tidak diawasi, ada apa ini,” jelas kedua orang ini.

Sayangnya kepala dinas ESDM Provinsi Sulut saat dikonfirmasi Via Ponsel sampai hari ini tidak bisa di hubungi padahal upaya konfirmasi sudah dilakukan sejak 2 hari yang lalu di nomor 08218909xxxx dalam keadaan mati.

Sementara itu, Benny Lontoh kepala dinas Perindustrian dan Perdaganggan kota Bitung saat dikonfirmasi mengakui memang pada Dinasnya ada bagian dari ESDM, namun saat ini jabatan tersebut tidak ditempati pegawai alias Kosong. "Namun begitu tetap untuk pengawasan dan penindakan dan Perijinan itu ada di dinas ESDM Provinsi," kata Lontoh.
Sadat Minabari kepala Badan Lingkungan Hidup saat konfirmasi mengakui jika persoalan perijinan dan pengawasan ada di ESDM Provinsi. “Kami sudah menutup 21 kawwasan tambang liar selama ini, namun masih tetap saja beroperasi. Karena memang pengawasannya dari ESDM Provinsi,” ungkapnya.(wepe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment