Berita Terbaru

Monday, February 19, 2018

Tak Ada Pergeseran Anggaran di SD
by wepe - 0



 
Kadis Pendidikan Julius Ondang

Bitung--Kepala dinas pendidikan kota Bitung Julius Ondang geram dengan informasi yang menyebutkan jika ada sejumlah Sekolah Dasar melakukan pergeseran Anggaran. 


"Ini tidak benar, karena tidak ada pergeseran anggaran di Sekolah Dasar. Jika ada pergeseran ini patut dipertanyakan, apanya yang di geser sementara semuanya sudah tertata baik seperti dana Bos ataupun Bosda,” ungkap Ondang.

Ondang pun menjelaskan jangan sampai pergeseran anggaran ini dijadikan dasar untuk mengelak dari pemeriksaan dana-dana yang dikelolah. 

“Saya mencurigai jika alasan pergeseran anggaran ini adalah modus mengelak dari pemeriksaan,” ungkapnya curiga.

Dijelaskan jika pergeseran anggaran ini hanya bisa dilakukan oleh SKPD, serta badan dan dinas yang mempunai KPA atau Kuasa Penguna Anggaran.

 “Istilah ini hanya digunakan dan dilakukan oleh KPA yang ada dan harus melawati proses control dari dewan, jadi bukan Sekolah Dasar,” ungkapnya.

Ondang pun sudah mengantonggi sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang mengunakan alasan ini. “Dalam waktu dekat akan di panggil untuk menjelaskan maksud dari pergeseran anggaran ini. Mungkin pemahaman mereka yang salah dengan maksud pergeseran anggaran ini,” tutup kepala dinas yang masih menjomlo ini.
Sementara diapun menjelaskan sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mendapatkan anggaran rutin dari APBD, belum pernah dilakukan pergeseran anggaran. "Ada 13 SMP yang mendapatkan dana rutin dari APBD, mereka sendiri tidak pernah melakukan pergeseran anggaran sebab semua anggaran dalam sekolah sudah tertata dengan baik," katanya.
ke 13 SMP tersebut adalah SMP Negeri 1 sampai SMP negeri 13. "SMP satu atap tidak mendapatkan dana rutin, apalagi Sekolah dasar tidak ada dana rutin," ungkap Ondang, (wepe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment