Berita Terbaru

Friday, February 9, 2018

Satpol PP Minut Siap Lakukan Penertiban Gudang Ilegal
by wepe - 0


Gudang-gudang illegal akan ditertibkan pemerintah daerah dalam waktu dekat ini.(foto: glen/smcom)


AIRMADIDI SMCOM--Sebagai pengawal peraturan daerah (Perda), maka Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Minut akan melakukan penertiban terhadap sejumlah gudang yang diduga illegal beroperasi di Kecamatan Kalawat. Ini akan dilakukan menyusul banyak gudang yang ada di wilayah Kalawat khususnya di Minut, namun tidak memiliki Tanda Daftar Gudang (TDG).
"Kalau ada laporan seperti itu, maka kami akan turun melakukan penertiban," ujar Kasat Pol PP dan Damkar Minut, Drs Theodore Lumingkewas STTP kepada wartawan, Jumat 9 Februari 2018.

Dikatakan Lumingkewas, sesuai data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Minut, di daerah itu hanya memiliki 13 gudang yang sudah ada Tanda Daftar Gudang (TDG). Namun dari jumlah tersebut, Kecamatan Kalawat merupakan wilayah terbanyak yang memiliki gudang yakni sebanyak 12 gudang. Sementara 1 gudang lainnya berada di Kecamatan Kauditan. Dijelaskan Lumingkewas, dalam penertiban nanti, Satpol PP Minut akan melibatkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lainnya. 
Namun sebelumnya, koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa akan dilakukan terlebih dahulu. "Koordinasi ini penting agar jangan sampai saat kami turun penertiban, perusahaan sudah melakukan pengurusan ijin. Jadi yang lebih tahu itu adalah pemerintah kecamatan dan desa," ungkapnya. Saat ini, tambah Lumingkewas, pihaknya akan melakukan pengusulan kembali Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum untuk bisa dijadikan Perda. Nantinya Perda itu akan menjadi acuan Satpol PP Minut melakukan tindakan penertiban. 
"Namun untuk penertiban gudang ini, kami akan menggunakan Perda dari Provinsi," tambahnya. Camat Kalawat, Herman Mengko SIP MSI sangat mendukung adanya penertiban gudang illegal dari Satpol PP Minut. "Kami siap berkoordinasi dan membantu Satpol PP Minut jika nantinya akan turun melakukan penertiban," tandasnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment